Skip to main content

Dosa dan Derita


Renungan Minggu Prapaskah III – Tahun C – 7 Maret 2010
Kel 3,1-8a. 13-15; 1 Kor 10,1-6. 10-12; Luk 13,1-9
Oleh: Rm. Victor Bani, SVD

DSC06414 
Bagi orang-orang Yahudi jaman Yesus, derita yang dialami seseorang selalu punya hubungan dengan dosa yang pernah dibuatnya. Makin banyak dan berat derita yang dialami, tandanya, banyak dan berat pula dosa yang pernah dibuat orang tersebut. Makanya ketika beberapa orang Galilea dibunuh Pilatus yang lalu mencampurkan darah mereka dengan darah korban yang mereka persembahkan dan ketika delapan belas orang lainnya tewas karena tertimpa menara dekat kolam Siloam, vonis orang-orang Yahudi: mereka adalah para pendosa berat dan nasib sial yang mereka alami, setimpal dengan dosa yang telah mereka perbuat.
Berbeda dengan pandangan orang-orang sebangsa-Nya, bagi Yesus, kematian tragis yang dialami oleh orang-orang Galilea seperti yang diberitakan injil, tidak punya kaitan apa-apa dengan dosa yang telah mereka perbuat. “Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?” (Luk 13,2) … “Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem?” (Luk 13,4). Kematian mereka bukan disebabkan oleh dosa-dosa yang telah mereka perbuat semasa hidupnya, melainkan karena bencana dan keangkuhan serta kecongkakan para penguasa yang tidak berperikemanusiaan.
jesus-mit-seinen-juengern 
Semua manusia adalah orang yang berdosa, tanpa kecuali. Tapi yang membedakan satu manusia pendosa dengan manusia berdosa lainnya adalah apakah setelah berdosa, orang tersebut menyadari kesalahannya, mengakuinya, menyesalinya, lantas bertobat dan mengakukan semua perbuatannya tersebut atau tidak. Mereka yang berdosa dan enggan berbalik dari kesalahan-kesalahannya bahkan menikmati kedosaannya diibaratkan Yesus dengan pohon ara yang tidak mau berbuah meskipun telah dipelihara dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Bagi mereka tidak ada pilihan lain selain coba menghasilkan buah ataukah ditebang.
Bila kita tidak mau berbalik dari dosa-dosa kita dan hidup baik dihadapan Tuhan, bukan mustahil apa yang dialami oleh orang-orang yang dibunuh Piliatus dan mereka yang tertimpa menara Siloam akan kita alami juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebelum dosa mendatangkan derita, cepat-cepatlah bertobat. Itu satu-satunya pilihan kita di masa Prapaskah ini.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti