Skip to main content

Era Netbook

Acer Aspire OneEra ‘semakin kecil notebook semakin mahal’ telah berakhir seiring dengan hadirnya netbook.

Beberapa tahun terakhir ini, banyak toko produk digital di berbagai mal berubah wajah. Kalau dulu kita bisa menemukan berbagai toko yang menjajakan berbagai produk, kini hampir semua toko berlomba-lomba menjajakan notebook atau laptop yang harganya semakin turun.

Memiliki notebook berfitur canggih dengan polesan bodi yang terkesan premium memang jadi impian semua orang. Namun bagi mereka yang sensitif terhadap harga, notebook mahal tentu tidak masuk hitungan. Buat apa membeli laptop 12 juta kalau cuma digunakan untuk mengetik, cek e-mail, browsing internet, menonton video dan mendengar lagu. Kira-kira begitu anggapan sebagian besar orang.

Awalnya, perangkat seperti personal digital assistant (PDA) phone, di mana sebagian sudah bisa menggantikan fungsi komputer jinjing, sempat menjadi ‘jalan keluar’ bagi mereka yang mobile. Namun, kelemahannya, menulis (baca: mengetik) dengan nyaman dan cepat pada perangkat kecil ini masih menjadi kendala. Dua ibu jari untuk menekan tombol pada QWERTY keyboard belum bisa menggantikan kecepatan penggunaan jari tengah dan telunjuk. Belum lagi dengan layar yang masih sekitar 3 atau 4 inci masih menjadi kendala pada kenyamanan mata.

Untuk menggantikan komputer kecil, sejumlah vendor ponsel mencoba pendekatan bergaya communicator dari Nokia yang menyertakan keyboard kecil agar lebih mudah menginput data. Konsekuensinya, bentuk seperti Nokia E90 masih dirasakan besar bagi pengguna ponsel untuk bisa diselipkan di dalam saku.

Pendekatan yang lain adalah dengan membuat notebook mini. Tapi sayangnya, semakin kecil notebook semakin mahal harganya. Jangan heran kalau kita menjumpai notebook berlayar 12.1 inchi dihargai 12 juta. Padahal notebook berlayar 15.4 inchi dihargai 10 juta dengan spesifikasi sama.

Upaya lain seperti yang dilakukan Microsoft melalui proyek Origami, yang tiga tahun lalu diperkenalkan secara besar-besaran di Barcelona, Spanyol, dalam hajat 3GSM Congress. Proyek ini melahirkan sebuah notebook supermini dengan layar kurang dari 8 inci yang dikenal dengan nama Ultra Mobile PC (UMPC).

Belum puas dengan kehadiran UMPC, sejumlah vendor komputer terus berupaya membuat perangkat notebook yang ideal untuk kondisi mobile. Salah satunya yang diprakarsai pembuat prosesor terkenal, Intel, dengan nama netbook, sebuah solusi yang menyerupai UMPC dengan penawaran harga yang menggiurkan.
Pada dasarnya, netbook dirancang untuk berkolaborasi dengan jaringan internet. Banyak perangkat keras yang dikurangi atau diganti dengan komponen yang ringan karena memang tidak untuk dipergunakan bekerja berat. Ukuran layarnya berkisar antara 7-10 inchi dengan bobot di bawah 1,5 kg.

Hasilnya adalah sebuah netbook yang ringan dan harga yang jauh lebih ringan dari notebook biasa. Meski performanya terbatas, netbook tetap bisa digunakan untuk kegiatan komputasi standar seperti mengetik, browsing internet, chatting, presentasi, mengolah foto, dan menonton video.

Dengan demikian, harapan untuk meningkatkan mobilitas pada notebook setidaknya sudah menemukan jalan. Karakter netbook menyerupai sebuah ponsel PDA, tetapi bisa mengetik dengan lebih nyaman dan mata tidak terlalu berat karena berhadapan dengan layar yang terlalu sempit.

Sejauh ini sudah bermunculan berbagai netbook di antaranya Acer Aspire One, OLPC XO-1, One A110, HP 2133 Mini-Note PC, Asus Eee PC, CloudBook, Classmate PC, MSI Wind PC, dan VIA OpenBook. Diperkirakan, populasi netbook di seluruh dunia akan mencapai 9 juta unit pada tahun 2012 nanti. (Berita Indonesia 60)


SEPUTAR NETBOOK

Media Pengganti Harddisk

Selama ini harddisk sangat dominan kita gunakan untuk tempat penyimpanan data dalam PC atau notebook. Namun seiring dengan perkembangan teknologi di bidang storage (penyimpanan), muncul SSD (Solid State Drive) yang yang diklaim jauh lebih ringan dan hemat daya. SSD mulai digunakan dalam berbagai perangkat teknologi termasuk netbook. SSD menggunakan Solid-State RAM atau Chips RAM yang biasa digunakan MSI Windpada Modul Memory komputer seperti DDR atau SDRAM.

Teknologi SSD sendiri sebenarnya sudah lama dikembangkan oleh industri komputer (1978) oleh perusahaan StorageTek. Awal mula ide pembuatan SSD bahkan sudah ada di tahun 1970an, kala ide penggunaan memori semikonduktor digunakan untuk proyek IBM.

Pertengahan tahun 80-an perusahaan Santa Clara Systems memperkenalkan sebuah Chips RAM berukuran 1 MBt untuk mengemulasikan sebuah harddisk. Berikutnya tahun 1995 perusahaan M-System memperkenalkan SSD mereka yang meraup sukses sebagai pengganti harddisk. Penggunaan SSD1 saat itu lebih ditujukan pada bidang militer yang membutuhkan misi-misi kritis dan industri penerbangan luar angkasa.
Perkembangan SSD masih akan terus dikembangkan oleh berbagai pihak. Samsung misalnya, mengumumkan berhasil membuat SSD berukuran 1,8 dan 2,5 inci dengan kapasitas 256 GB. Kabarnya produk tersebut akan diproduksi secara massal pada akhir tahun 2008.

Sebagai produk terobosan baru, SSD memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan harddisk yang kini banyak digunakan. Beberapa keunggulan mendasar yang dimiliki SSD antara lain kecepatan lebih tinggi dan tidak berisik. Dengan menggunakan prosesor yang sama, sistem kerja SSD akan lebih cepat jika dibandingkan dengan harddisk.

Keunggulan lainnya, SSD lebih kuat karena lebih tahan goncangan dan benturan, juga bisa bekerja dalam temperatur panas. Selain itu bentuknya yang ringkas dan bobot yang ringan tentu jadi unggulan. Tapi di samping keunggulan, SSD juga memiliki kekurangan. Kekurangan itu antara lain harga yang masih lebih mahal dan kapasitas memori yang masih terbatas. Di Indonesia saat ini, SSD 64 GB harganya bisa mencapai Rp 4 juta-an.

Kecanggihan Atom
Semakin populernya netbook tidak lepas dari dukungan prosesor yang dirilis Intel bernama Atom. Prosesor yang dibuat khusus untuk netbook ini mampu menyeimbangkan antara performa, konsumsi daya dan harga. Pasalnya, prosesor yang digunakan notebook tradisional tidak bisa digunakan di netbook karena terlalu panas, terlalu boros listrik dan mahal. Atom dibuat dengan fabrikasi 45nm, sebuah fabrikasi prosesor paling canggih saat ini. Fabrikasi 45nm membuat Atom dapat dibuat dengan ukuran sekitar 22x22 mm (Intel Celeron memiliki ukuran 35x35 mm). Karena ukurannya yang kecil, sistem pendinginannya pun tidak terlalu rumit. Alhasil daya untuk mendinginkan prosesor cuma sekitar 2 Watt, jauh di bawah Core 2 Duo (34-35 Watt) atau Celeron (15-17 Watt). Meski kecil, Atom jauh lebih baik dari Celeron karena mendukung Hyperthreading seperti yang dulu digunakan Pentium 4. (BI 60)

Acer Aspire One
Ada Dua Pilihan
Meski harga Acer Aspire One cuma 4 juta - separuh harga communicator - fungsi mobilitas komputasinya sama dengan notebook yang dikenal selama ini. Penggunaan sistem operasi Linpus Linux memberikan Asus Eee PC 901keuntungan seperti lebih cepat dibuka dibandingkan Windows. Solusi office bisa didapatkan dari OpenOffice yang setara dengan Microsoft Office. Pengguna juga bisa menggunakan Photo Master untuk membuka hasil potret dari kamera digital, Media Master untuk menampilkan video dan musik digital. Untuk presentasi, disediakan port VGA untuk dihubungkan ke proyektor LCD atau sejenisnya. Yang menarik, netbook ini dilengkapi dengan kamera, siap untuk melakukan video chatting. Netbook ini menggunakan SSD berkapasitas 8 GB dengan kapasitas RAM 1 GB. Namun bagi yang membutuhkan harddisk dan rela membayar hingga 5 juta, disediakan ACER Aspire One A150 dengan dukungan harddisk 120 GB.

HP Mininote 2133
Komplit dan Nyaman
Kalau Acer Aspire One cocok bagi pengguna netbook ‘minimalis’, netbook keluaran HP ini cocok bagi pengguna yang mengutamakan gaya dan fitur lengkap dengan kerelaan mengeluarkan dana lebih besar. Dengan bahan aluminium, Mininote 2133 terlihat kokoh sekaligus gaya. Ukuran keyboard-nya nyaris sama HP Mininote 2133(tepatnya 92%) jika dibanding ukuran keyboard notebook standar. Boleh dibilang, Mininote 2133 adalah netbook paling nyaman digunakan untuk mengetik. Dari sisi fasilitas, Mininote 2133 juga tampil istimewa berkat keberadaan slot ekspansi Express Card. Fasilitas ekspansi ini tidak tersedia di netbook lain, dan bisa menjadi faktor penting bagi Anda yang ingin menambah fasilitas tambahan seperti TV Tuner atau modem seluler. Netbook berbobot 1,28kg yang menggunakan sistem operasi Windows Vista (Basic Edition) ini diberi harga sekitar 6 juta.

Asus Eee PC 901
Tahan 4 Jam Lebih
Jika dibandingkan adiknya - Eee PC 900 - fisik Eee PC 901 tampak lebih menawan. Warnanya hitam mengilat, alias glossy, atau biasa disebut piano black. Asus menyebutnya Fine Ebony. Meski terkesan mewah, jejak/cap tangan mudah membekas di bodi-nya. Alih-alih Celeron 900 MHz, kini Asus telah mempersenjatai Eee PC berbobot 1,1 kg ini dengan prosesor Atom N270 1,6 GHz. Pihak Asus menyediakan dua versi untuk Eee PC 901 (sama dijual seharga $500): model dengan Windows XP yang dilengkapi SSD 12 GB, dan versi dengan sistem operasi Linux yang mengadopsi SSD 20 GB. Dengan RAM mencapai 1GB, kinerja cukup memadai. Dukungan baterai berkapasitas 6600mAh membuatnya bisa tahan digunakan sampai 4 jam lebih.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi