Skip to main content

Apa saja persyaratan masuk institusi pendidikan di Singapura?

A.     Persyaratan untuk masuk berbeda antara lembaga yang satu dengan lembaga yang lain. Karena bahasa Inggris merupakan standar bahasa pengantar, maka kebanyakan lembaga pendidikan menetapkan syarat bagi para calon siswanya untuk menguasai standar minimum berbahasa Inggris. Umumnya, sertifikat kompetensi bahasa Inggris berupa :

    General Certificate of Secondary Education (GCSE)
    Test of English As a Foreign Language (TOEFL)
    International English Language Testing System (IELTS)

Selain bahasa Inggris, beberapa lembaga pendidikan dan kursus mempunyai persyaratan minimum lainnya.

Pada umumnya lembaga pendidikan negeri, lembaga dengan subsidi pemerintah dan sekolah-sekolah independen memiliki persyaratan pendaftaran seperti tertera di bawah ini:

Langkah 1: Mendaftar di sekolah pilihan.1
Orangtua/wali calon siswa menyerahkan formulir pendaftaran masuk sekolah.disertai semua dokumen asli yang dibutuhkan langsung ke sekolah yang dipilih.

Langkah 2a: Sekolah mengadakan test masuk dan mengeluarkan Letter of Acceptance.
Sekolah akan mengadakan tes masuk bagi para calon siswa, apabila ada tempat tersedia.

Apabila calon siswa lulus tes masuk dan sekolah menerima siswa tersebut, sekolah akan mengeluarkan Letter of Acceptance. Dengan surat ini calon siswa dapat melanjutkan mengurus Student's Pass ke Immigration and Checkpoints Authority (ICA).(lihat langkah 3)

Calon siswa dapat diterima di sekolah yang bersangkutan bila telah mendapat Student's Pass dari ICA dan melapor kembali pada sekolah tersebut dalam waktu 2 minggu setelah Letter of Acceptance dikeluarkan.

Calon siswa yang telah mempunyai Dependant's Pass (DP) atau Immigration Exemption Order (IEO) tidak perlu meminta Student's Pass dari ICA. Calon siswa tersebut akan diterima di sekolah yang dipilih langsung setelah dia lulus tes masuk (lihat langkah 5)

Langkah 2b: Sekolah mengeluarkan Letter of Referral ke ICA untuk mendapat izin.
Calon siswa yang orang tuanya bekerja di Singapura tetapi tidak berhak atas DP, memerlukan rekomendasi ke ICA sebelum sekolah memberi tes masuk. Sekolah akan mengirim Letter of Referral ke ICA. Kemudian ICA akan menindaklanjuti langsung dengan calon siswa tentang keimigrasian dan mengeluarkan surat izin masuk pada siswa. Kemudian si calon siswa dapat mengubungi sekolahnya untuk test masuk dengan surat tersebut (lihat Langkah 2a)

Langkah 3: Meminta Student's Pass di ICA.
Letter of Acceptance dari sekolah berlaku selama 2 minggu sejak keluarnya surat tersebut. Begitu mendapat Letter of Acceptance calon siswa harus secepatnya ke ICA untuk meminta Student's Pass dengan membawa Letter of Acceptance yang asli.

Langkah 4: Kembali ke sekolah di mana siswa diterima dengan memperlihatkan Student's Pass.
Calon siswa harus kembali ke sekolah membawa Student's Pass dalam waktu 2 minggu sejak dikeluarkannya Letter of Acceptance. Calon siswa akan batal diterima disekolah tersebut apabila tidak melapor dalam waktu 2 minggu.

Langkah 5: Sumbangan untuk Education Fund
Setelah calon siswa diterima dengan sepenuhnya di sekolah tersebut, Departemen Pendidikan (MOE) akan mengirimkan surat permintaan sumbangan per dua tahunan untuk Education Fund, misalnya sebesar S$1,000 per 2 tahun.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi: http://www.moe.gov.sg/esp/foreign/

Pendaftaran untuk PEO, sistem pendidikan luar negeri, sekolah internasional dan universitas, politeknik atau Institut Pendidikan Teknik:

    Daftarkan langsung ke lembaga pendidikan tersebut dengan menyertakan dokumen dan sertifikat yang diperlukan.
    Beberapa lembaga pendidikan atau kursus mungkin akan memerlukan wawancara atau test masuk sendiri. Beberapa sekolah mungkin juga memerlukan pengalaman kerja.

Persyaratan ini biasanya tercantum dalam buku panduan, brosur atau situs lembaga pendidikan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti