Penyebab Ac Bocor - Kenapa Ac Bocor ya

Penyebab AC (Air Conditioner) rumah  mengalami kebocoran pada unit indoornya , yaitu apabila dioperasikan akan keluar air menetes ke bawah. Cara sederhana untuk mengatasin AC BOCOR ya dengan cara menaruh ember di bawah untuk menampung tetesan-tetesan air tersebut, hehe.. Namun makin lama tetesan-tetesan yang timbul makin banyak dan menjengkelkan, disamping itu cara mengatasi dengan menaruh ember koq kesannya kampungan banget haha..
Sebenarnya gampang saja, tinggal panggil tukang service AC pasti beres.. Namun saya pengen mencoba mengatasi sendiri dulu, kalau sudah angkat tangan baru panggil tukang AC. Berbekal browsing di dunia maya (thanks to internet..hehe) saya mendapat informasi bahwa masalah kebocoran air pada unit Indoor AC terjadi apabila pipa drain/pembuangan air kondensat buntu/tersumbat oleh kotoran, bisa dari debu, bedak, hair spray atau kotoran lain. Sebenarnya air kondensat yang terjadi adalah hal yang wajar, karena udara yang mengenai pipa/sirip yang temperaturnya lebih dingin dari udara akan mengalami kondensasi. Untuk itulah pada konstruksi AC disediakan lubang dan pipa pembuangan air kondensat, masalah timbul apabila lubang/pipa drain tersebut tersumbat/buntu!!
Dari hasil browsing tadi juga diketahui cara paling mudah untuk mengatasi  lubang drain yang tersumbat tadi dapat dilakukan dengan cara menyemprot pipa pembuangan air dari bawah (dengan konsekuensi rangkaian elektrik AC bisa short terkena air). Cara yang lebih aman tentunya dengan menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC), cara ini lebih repot karena harus membuka cover unit Indoor AC.
Akhirnya cara ke-2 yang saya ambil, yaitu menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC). Langkah-langkah yang saya lakukan sebagai berikut:
  1. Membaca manual book dari AC tentang bagaimana cara membuka cover unit Indoor. Membaca manual book ini sangat penting karena bisa jadi ada beberapa baut yang posisinya tersembunyi. Kebetulan AC saya adalah merk Sharp Plasmacluster 1/2PK, dimana untuk membuka cover harus melepas 2 buah baut yang tertanam di bagian dalam.
  2. Kalau perlu cabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman.
  3. Buka tutup cover sesuai petunjuk dalam manual. Gambar ini menunjukkan cover sudah terbuka.
  4. Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil (selang yang saya pakai selang untuk aki sepeda motor) seperti gambar berikut.
  5. Semprot/tiup selang tadi menggunakan air, gampangnya kita kumur-kumur pake air (baiknya air minum jaga-jaga kalau tidak sengaja tertelan hehe,,) lalu airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat.
  6. Setelah selesai rakit kembali unit Indoor.
  7. Bonus: dengan membuka cover unit Indoor kita akan bisa sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage