Variasi Warna Jas untuk Pengantin Pria

1. Hitam (Black)
Hitam merupakan warna favorit banyak orang. Namun sebenarnya hitam tidak dapat dikatakan sebagai warna. Mengapa? Karena hitam adalah total absorsi/penyerapan dari semua warna, Karena sifatnya yang demikian, maka hitam dapat dipadukan dengan warna apa saja. Variasi yang paling umum (dan paling aman) digunakan adalah jas hitam, kemeja putih dan dasi dengan warna yang beranekaragam. Namun tidak tertutup kemungkinan, jas hitam dipadukan dengan kemeja berwarna lain.

2. Putih (White)
Warna putih adalah warna yang murni. Namun, seperti warna kebalikannya, Hitam, putih juga tidak dapat disebut sebagai warna. Ini disebabkan karena putih adalah total refleksi/pantulan dari semua warna. Saat ini banyak juga pria yang menyukai pilihan jas dan celana berwarna putih. Lazimnya untuk kemeja dalam jas, akan dipilih warna putih atau hitam, aksen warna pelengkap baru diperoleh dari warna dasi.

3. Abu-abu (Grey)
Abu-abu adalah warna yang netral mengandung warna putih, sehingga juga dapat dikombinasikan dengan warna apa saja.

4. Coklat (Brown)
Coklat adalah warna yang juga tergolong netral (seperti abu-abu). Namun karena warna coklat tergolong dengan warna warm undertone, jadi kombinasi yang benar untuk warna coklat adalah warna-warna warm undertone juga. Warna-warna warm undertone merupakan warna yang berseberangan dengan warna cool undertone (salah satu contohnya adalah warna biru). Namun tidak tertutup kemungkinan jas dan kemeja coklat berpadu dengan dasi yang memiliki aksen warna biru (dasi hanya sebagai pelengkap saja). Yang tidak lazim adalah jas coklat berpadu dengan kemeja biru.

Jadi prinsipnya, jas berwarna hitam dapat berpadu dengan kemeja dan dasi berwarna apa saja. Jas berwarna putih juga cocok untuk semua warna, namun lazimnya hanya perpaduan jas putih dengan kemeja putih dan hitam saja yang kerap digunakan. Jas berwarna abu-abu cocok untuk warna apapun (baik terang maupun gelap). Jas berwarna coklat cocok dengan warna yang senada alias (warm undertone).

Namun bila ada yang ingin menerapkan kemeja merah dengan jas putih, atau mungkin jas coklat dengan warna biru muda, hal-hal tersebut sah-sah saja. Hanya saja diluar dari teori warna. Biasanya yang menggunakan kombinasi warna tersebut adalah yang ingin atau harus tampil beda, misalnya MC, penyanyi atau artis.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage