Skip to main content

Pentingnya Kemasan Produk


Salah satu bengkel sepatu tempat saya memesan sepatu pernah ‘buka-bukaan’ bahwa ada sebuah merek sepatu wanita yang cukup terkenal sebenarnya hanyalah bermodalkan kemasan doang. Lho kok enak? [catatan saya: pastinya sih juga modal uang untuk beli sepatu, kemasan, branding, dan tentunya juga marketing, dsb. seperti layaknya sebuah usaha dijalankan].
Maksud dari ‘modal kemasan doang’ adalah sebagai berikut : desain, dan bahan yang digunakan berasal dari si pemilik bengkel, yang kemudian ditawarkan ke si pengusaha. Nantinya kalau si pengusaha oke & sreg dengan beberapa model yang ditawarkan, dia akan memesan ‘ribuan’ pasang sepatu yang akan dikemas & dibranding dengan merek milik si pengusaha. Yang selanjutnya akan dipasarkan ke seluruh jaringan atau outlet milik si pengusaha tsb. Dan biasanya si pengusaha sepatu sukses ini telah memiliki langganan ke puluhan bengkel yang tersebar di Jabodetabek. Begitulah alur produksi yang ada di dunia persepatuan. Jarang pengusaha sepatu terkenal yang memiliki pabrik atau bengkel sendiri. Tentunya sangat praktis, efisien dan mengurangi resiko.
Saat saya berkunjung ke bengkel tsb. juga ditawari puluhan model yang mirip-mirip dengan beberapa merek sepatu wanita terkenal. Termasuk negosiasi berapa cost of production nya. Memang, tatkala saya survey, model-model sepatu tsb. tatkala berada di rak toko outlet sepatu terkenal, harganya bisa terdongkrak hingga 3 atau 4 kali lipat dari harga asli dari bengkel. Inilah bisnis. That ‘s life.
Begitu juga dengan makanan ringan. Banyak pengusaha makanan ringan [keripik singkong misalnya], mereka hanya melakukan ‘repackaging’ saja. Tentunya dengan berbagai persyaratan standar si pengusaha agar produk tsb. bisa memiliki nilai jual. Kemudian dengan kehebatannya & kepiawaiannya di bidang pemasaran [marketing], keripik singkong yang berasal dari home industry tsb. mampu menembus pasar di supermarket. Bahkan dijadikan sediaan oleh-oleh khas daerah tertentu. Lagi-lagi yang namanya pengusaha selalu berhasil memanfaatkan peluang lalu mengemas sedemikian rupa produk makanan tsb. sehingga akhirnya bisa mendapatkan nilai tambah.
Tentunya, masih banyak lagi contoh bagaimana seorang pengusaha yang tidak perlu punya pabrik. Tapi cukup dengan membangun merek atau brand, kemasan, jaringan pemasaran, dsb. ujung-ujungnya bisa meraih keuntungan yang lebih besar daripada si produsennya. Inilah liku-liku dunia usaha. Keuntungan terbesar selalu berada di tangan siapa saja yang mampu bekerja cerdas.
Dari contoh ilustrasi di atas, yang namanya kemasan atau packaging menjadi salah satu unsur yang sangat penting bagi produk milik Anda. Kali ini saya hanya mengajak untuk membahas betapa pentingnya kemasan atau packaging bagi sebuah produk yang akan dijual. Singkatnya, sebuah packaging adalah bagian penting dari branding.
Jadi boleh dibilang yang namanya packaging itu bukan hanya sekadar pembungkus ‘doang’, tetapi lebih dari itu. Packaging is branding. Apapun jenis barang atau produk yang akan dijual tatkala sudah diberi merek dan dikemas, maka dari packaging tsb. akan terefleksi identifikasi merek produk yang dijual tsb., tersirat pula janji dari produk tsb., kualitas, nilai, benefit yang ditawarkan, dsb. Dan dari situ pula lah seorang konsumen mempertimbangkan untuk membeli atau tidak produk yang ditawarkan. Jadi yang namanya packaging juga sudah seharusnya memiliki personality.

Kalau packaging atau kemasan tsb. dibuat bagus dan memiliki personality yang kuat, maka akan mampu meningkatkan rasa percaya dari konsumen tatkala hendak memilih produk yang akan dibelinya. Jadi packaging tidak hanya berfungsi membawa produk ke konsumen, tetapi lebih dari itu fungsi packaging telah berkembang menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengkomunikasikan personality dari merek atau brand kepada konsumennya.
Di era persaingan produk yang kian kompetitif ini, yang namanya packaging menjadi salah satu ‘senjata’ dalam usahanya untuk memenangkan persaingan.
Yang perlu diingat, kenapa packaging menjadi ‘senjata’ penting, hal ini terkait dengan hasil sebuah survey bahwa konon seorang konsumen yang sedang belanja di supermarket hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk melihat dan kemudian mengenali sebuah merek produk. Karena untuk memperhatikan produk satu dengan yang lain akan menghabiskan waktu yang banyak. Sementara filosofi belanja di supermarket kan ingin cepat, praktis, dan leluasa. Logikanya, kalau sebuah packaging dibuat dengan bentuk unik dan warna yang catchy maka akan mudah menarik perhatian. Dan selanjutnya, konsumen tsb. akan mengambil, lebih banyak mengamati, dan mempertimbangkan untuk membelinya. Packaging sebagai salah satu ‘senjata’ telah bertugas dengan baik.
Lagi-lagi strategi keluar dari pakem yaitu ‘berani tampil beda’ menjadi jawaban bagi pentingnya desain kemasan tsb. Karena 80% keputusan untuk membeli dibuat oleh konsumen tatkala berada di supermarket atau toko, khususnya di depan barang yang ditawarkan atau yang akan dibelinya. Strategi packaging ‘yang berani tampil beda’ tsb. akan menjadi motivasi kuat bagi konsumen untuk melihat, menimbang dan membeli.
Selain packaging tsb. harus punya personality, menarik dan mendorong konsumen untuk membeli, terakhir, yang juga penting diperhatikan adalah packaging tsb. harus mudah digunakan, mudah disimpan, aman dan kuat tatkala digunakan menyimpan produk, tidak mudah rusak, dan mudah ditata saat harus di-display di rak.
Mudah-mudahan sharing kali ada manfaatnya bagi temen-temen yang sedang berkutat dengan urusan pengembangan packaging dan branding dari barang jualannya.

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTvKKa2lXxBvmZqpL6olIlerHry9hGks1EfhJR3sMDqQWSqiAs&t=1&usg=__1uaSTTmduypJPFgt4XtwJx5BLNc=

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti