Skip to main content

Beli Rumah Seken

Pertanyaan : 
Saya mempunyai pertanyaan mengenai soal pembelian rumah second. Kondisi rumah sebagai berikut:
- Tanah 90 m2
- Bangunan 60 m2
- Harga 125 juta
- Sertifikat hak milik
Yang saya tanyakan adalah biaya apa saja yang harus saya keluarkan dan berapa besarnya serta cara perhitungannya sampai saya bisa memiliki rumah tersebut secara sah tanpa ada masalah? Apakah si penjual juga harus membayar pajak tertentu karena rumahnya akan saya beli? Mohon mendapat penjelasan. Terima kasih.

via email


Jawab:
Selain harga beli yang harus Anda bayarkan pada penjual, ada beberapa item lagi yang juga perlu untuk dibayarkan dan dimasukkan kedalam komponon pengeluaran Anda. Diantaranya yaitu:
  1. BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) Ini adalah semacam pajak yang harus Anda bayar pada negara yang besarnya 5 persen untuk nilai tanah/bangunan di atas Rp 30 juta. Jika harga rumahnya sendiri Rp 125 juta, maka BPHTB yang harus Anda bayar adalah sebesar Rp 4,75juta. Berikut ini perhitungannya: Nilai tanah & rumah : Rp 125.000.000
    Bebas bea : Rp 30.000.000 -
    ------------------------------------
    Nilai kena bea : Rp 95.000.000
    Tarif BPHTB : 5% x
    ------------------------------------
    BPHTB : Rp 4.750.000
    BPHTB ini bisa dibayarkan sendiri ke Kantor Pelayanan Pajak atau melalui PPAT agar tidak merepotkan.
  2. Pengurusan AJB & BBN melalui PPAT Untuk melegalkan transaksi jual beli rumah tersebut, Anda perlu melakukan perikatan dengan menandatangani Akta Jual Beli (AJB) untuk kemudian melakukan balik nama sertifikat tanah tersebut. Pengurusan ini biasanya satu paket dan ditangani oleh seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).
Salah satu syarat agar bisa dilakukan balik nama sertifikat adalah Anda harus terlebih dahulu membayar BPHTB-nya. Biasanya seorang PPAT bisa memberikan jasa sekaligus membayarkan BPHTB tersebut dan mengurus AJB serta balik namanya. Untuk itu, seorang PPAT akan meminta fee tertentu. Besarnya fee tergantung dari wilayah kerjanya. Mereka memiliki standar biaya tertentu di setiap wilayah dan antara satu PPAT dan yang lainnya tidak akan jauh berbeda fee-nya.
Sedangkan untuk penjual, dia juga akan dikenakan PPh Final atas penjualan tanah sebesar 5 persen dari uang yang ia terima dari hasil penjualan tanah dan rumahnya. Demikian Pak. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, saya sarankan agar Anda menghubungi langsung seorang PPAT yang ada di wilayah kab/kota dimana rumah yang akan dibeli tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti