Skip to main content

Damai bagimu

Renungan Minggu Paskah VI
Kis 15,1-2.22-29; Why 21,10-14.22-23; Yoh 14,23-29
Oleh: Rm. Victor Bani, SVD

„Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu …“
Kata-kata Yesus dalam bacaan Injil pada hari Minggu Paskah VI ini sungguh-sungguh memberikan peneguhan dan pengharapan, ketika kita mengalami berbagai kesulitan dalam kehidupan kita sehari-hari.
 „Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu …“
Kopie von Bali302Akan tetapi kalau kita melihat kembali realitas hidup kita, apa yang kita alami setiap hari, wajar kalau kita bertanya: apa benar bahwa Yesus sungguh-sungguh telah memberikan damai-Nya kepada kita?
Ketika kita mendengar dan melihat berbagai peristiwa menyedihkan yang terjadi diberbagai belahan dunia, entah itu bencana alam: kelaparan, kekeringan, badai, banjir, angin ribut, tsunami, tanah longsor, dan gempa bumi, maupun peperangan yang berkepanjangan, pembunuhan yang tidak berkesudahan, pertikaian dan perselisihan, kekerasan dalam masyarakat dan rumah tangga, berbagai kecelakaan di darat, laut dan udara, dan ketika kita mengalami sendiri berbagai kesulitan itu dalam hidup kita, baik itu dalam masyarakat maupun dalam keluarga kita, masuk akal kalau kita bertanya: dimana damai sejahtera yang telah diberikan Yesus kepada kita?
Ketika kita mempertanyakan „dimana damai sejahtera yang dijanjikan Yesus kepada kita“, pertama-tama perlu kita ketahui dan sadari, bahwa damai yang Ia berikan, tidaklah seperti damai yang diberikan dunia kepada kita. Damai yang Ia berikan bukan berarti: tidak ada peperangan, tidak ada pembunuhan, tidak ada kekerasan, tidak ada perselisihan dan pertengkaran, tidak ada bencana, tidak ada malapetaka. Bukan, bukan itu yang dimaksudkan. Damai yang dimaksudkan dan dijanjikan oleh Yesus lebih dalam daripada itu.
Damai yang diberikan oleh Yesus adalah ketenangan hati, kedewasaan iman dan keterbukaan pikiran kita untuk melihat dan menerima semua yang kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari dengan kaca mata iman. Maaf dan pengampunan sebagai jawaban terhadap kekerasan dan kemurkaan, dialog dan saling pengertian sebagai jawaban terhadap peperangan dan penindasan. Kebencian dan iri hati janganlah dilawan dengan dendam dan murka, melainkan hadapilah dengan cinta kasih dan perhatian. Bencana dan malapetaka jangan dilihat sebagai murka dan hukuman dari Allah, melainkan sebagai peringatan atas dosa dan kesalahan kita. Ini adalah damai sesungguhnya yang dimaksudkan Yesus, yang telah diberikannya kepada kita.
friedeDalam suatu kerusuhan beberapa tahun yang lalu, ketika sebuah supermarket di jalan Cikini dijebol dan dijarah beramai-ramai oleh massa, ada seorang bapa, seorang pedagang kaki lima, yang hanya melihat peristiwa itu dari kejauhan bersama kedua anaknya. Ketika orang bertanya kepadanya: mengapa dia hanya bengong saja melihat tetapi tidak menggunakan kesempatan untuk turut menjarah supermarket itu bersama anaknya, dengan tenang ia menjawab:
 „Hidup kami memang susah, tetapi untuk mengambil barang orang lain, itu tidak akan pernah kami lakukan. Itu bukan saja diharamkan oleh agama, tetapi terlebih oleh Tuhan. Apalagi sebagai pedagang kecil-kecilan kaki lima. Saya bisa merasakan bagaimana sakitnya hati ini, kalau dagangan saya diambil dan dirampas orang. Tidak, saya tidak akan mengambil barang orang. Dan saya melarang anak-anak saya untuk mengambil milik orang lain“.
Damai Yesus akan tinggal dalam hati dan hidup kita, bila kita hidup lurus, bersih, baik dan benar, bukan saja dihadapan Tuhan dan sesama, tetapi juga dengan diri kita sendiri dan lingkungan hidup kita.
Si bapa, pedagang kaki lima itu, telah menunjukkan kepada kita, bagaimana seharusnya kita hidup lurus dan murni dihadapan Tuhan dan sesama. Tidak susah untuk mempraktekkan itu, asal kita mau berusaha melakukannya, mencobanya dari hari ke hari. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti