Skip to main content

Nutrisi Tepat Untuk Diabetesi



Banyak obat-obatan oral yang direkomendasikan untuk terapi diabetes mellitus (DM). Obat-obatan yang mengandung sulfonylurea, penghambat alfa glukosidae dan biguanid.  Namun, terapi penyakit yang banyak diderita masyarakat di seluruh dunia ini, juga bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup.

Dr. Widjaja Lukito, spesialis penyakit dalam, mengatakan berdasarkan beberapa hasil studi, penerapan pola gaya hidup sehat sangat berpengaruh pada penurunan berat badan para penderita diabetes. Gaya hidup memegang peranan penting dalam penatalaksanaan DM.

“gaya hidup sehat memegang peranan penting dalam insiden DM” paparnya.

Sayang, pola diet orang Indonesia cenderung tidak teratur dan kurang baik. Asupan serat yang rendah tak sebanding dengan jumlah karbohidrat dan asam lemak jenuh yang sangat tinggi. Sementara itu, secara kuantitas konsumsi sereal, ikan dan kacang-kacangan lebih baik. Tetapi karena proses pengolahan makanan dengan digoreng, kandungan minyak berlebih dalam makanan tersebut berdampak buruk pada diet.

Menurut Widjaja dalam penanganan nutrisi ini perlu diperhatikan kadar Indeks Glikemik (GI). Meski masih terdapat pandangan yang berbeda mengenai GI tersebut, tingginya nilai GI >70% penting untuk diketahui.

”adanya klarifikasi GI mementahkan mitos yang berkembang selama ini bahwa kentang lebih baik dari pada nasi” jelasnya.

Namun di sisi lain, pengolahan kentang yang lebih banyak digoreng membuat nilai GI-nya menjadi lebih rendah karena mengalami proses kompetensi absorbsi. Hal ini memang tidak serta merta menobatkan kentang goreng menjadi makanan terbaik untuk dikonsumsi. Konsentrasi minyak yang cukup tinggi dalam panganan tersebut juga tidak baik bagi tubuh. Makanan dengan GI baik adalah yang keseluruhan aspeknya juga baik.

Berdasarkan fakta pola diet orang Indonesia, Widjojo merekomendasikan pemberian nutrisi untuk terapi dan pencegahan DM. Tingginya kadar karbohidrat dan nilai GI perlu diatasi dengan mengurangi konsumsi gula dan menambah variasi makanan diet.

Tingkatkan konsumsi makanan dari jenis seralia, hal ini bertujuan agar disfungsi endothelial dapat dicegah. Selain iu, hindari mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng. Penyerapan minyak membuat kadar polyunsaturated fatty acid atau asam lemak jenuh menjadi meningkat dan berbahaya bagi tubuh.

Perbanyak asupan sayur dan buah yang dapat meningkatkan jumlah serat. Serta pertahankan dan tingkatkan konsumsi kacang kedelai dan teh hijau yang telah terbukti mampuberperan protektif melawan kanker dan sindrom menopausal.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti