Skip to main content

Obyek Wisata wini - Kefamenanu

Kabupaten TTU merupakan salah satu Kabupaten dari 20 Kabuaten/Kota yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ibukotanya Kefamenanu. Letaknya di tengah Pulau Timor, bagian utara yang berbatasan langsung dengan wilayah Ambenu, Daerah Enklave Republic Demokratik Timot Leste (RDTL).
Di Kabupten ini memiliki beraneka ragam kekayaan sumber daya alam maupun sumber daya budaya, yang dapat ditumbuh kembangkan untuk pembangunan kepariwisataan daerah dan untuk mewujudkannya, diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, profesional, kreatif, inisiatif dan inovatif disertai perencanaan dan program rill serta terpadu.
Seluruh potensi aneka kekayaan alam, budaya dan religius serta sejumlah daya dukung kepariwisataan di TTU seakan sedag merentang tawa, mengulas senyum untuk didatangi, dikunjungi bahkan untuk berinvestasi di sub sektor pariwisata.
Luas wilayah Kabupaten TTU adalah 2.669,70 Km atau 266,970 Ha. Dari segi astronomis, daerah ini terbentang antara 124 04’02’ sampai 24 46’00” Bujur Timur; dan antara 9 02’48” sampai 9 37’36” Lintang Selatan. Sebelah Utara berbatasan dengan Ambenu (daerah Enclave RDTL), Selatan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan; Timur dengan Kabupaten Belu dan Barat dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kupang.
Dari aspek klimatologi, suhu udara di Kabupaten ini sangat bervariasi tergantung curah hujan setiap tahun.Keadaan curah hujan yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap pergantian musim serta aktivitas manusia.
Faktor-faktor penyebabnya antara lain topografi wilayah yang bergunung-gunung, berbukit-bukit, diselang-selingi dataran-dataran rendah dan padang-padang sabana. Faktor lain, barangkali kondisi lingkungan hidup khususnya dunia flora/ vegetasi yang tidak seimbang, turut menentukan variabilitas iklim tersebut.
Dari aspek kependudukan. berbagai tradisi lisan dan tulisan sejarah serta laporan etnografis, penduduk di Kabupaten TTU menunjukkan hasil pembauran berbagai ras dan kelompok etnis yang berlangsung sejak awal mula. Ada penduduk asli (Melenesia), penduduk migran (Austronesia dan deutro Malayu), penduduk keturunan campuran (Topasses), para pedagang dan sebagainya.
Pembauran ini berlangsung demikian lama berabad-abad lampau dan tanpa terasa telah membentuk penduduk di kabupaten ini. Walau demikian, di antara banyak kesamaan, terdapat pula perbedaan-perbedaan di antara penduduk terutama di tiga wilayah besar dalam Kabupaten TTU (Biboki, Insana, Miomaffo). Dan untuk menelusurinya kembali, diperlukan studi-studi historiografi dan etnografis yang intensif.
Ditinjau dari bahasa daerah, penduduk di TTU sehari-harinya menggunakan Bahasa Dawan Atoni, yang lazimnya disebut Laes Meto, Uab Meto atau Molok Meto. Pemakaian bahsa ini cukup umum, namun ada pula perbedaan-perbedaan ciri khas etnis Biboki, Insana dan Miomaffo, maka dari pemakaian bahasa ini nampaknya ciri khas pembedanya berupa dialek/ logat: Miomaffo Barat, Miomaffo Timur, Noemuti, Insana, dan Biboki. Dengan kata lain dari pengucapan kata-kata, kita dapat membedakan identitas etnis seseorang.
Dalam kehidupan sehari-hari, selain laes meto, uab meto, atau molok meto ini, sebagian besar masyarakat juga menggunakan alat bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dengan sesama manusia, sebagai bahasa nasional.


Pantai Wini indah tak terjamah

Pantai Wini indah buat berlibur

Pantai wini dikelilingi bukit yang indah

Pantai Wini

  Disekitar Pantai wini Terdapat arena Pacuan kuda

Pemandangan pantai Wini dari bukit terlihat begitu indah

  
Arena pacuan kuda yang diadakan rutin setiap tahun
Wini indah
Hamparan pantai dan pohon Tuak
Cocok buat berlibur
Geografis yang sangat menantang

 Jalan menuju surga pantai

Bukit Indah bagai lukisan



Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Pijat Suami -Istri ,Sensasi Luar Biasa

Setelah bertahun-tahun membina rumah tangga, kadang sepasang suami-istri baru menyadari, ternyata ada kejenuhan dalam hubungan  intim mereka. Pasutri yang beberapa tahun lalu berjanji hidup bersama sampai mati itu tak lagi bergairah dalam percintaan. Padahal, dengan sedikit sentuhan sensual, api gairah bisa kembali berkobar. Pijat sensual tak hanya berguna untuk menaikkan gairah seksual pasangan suami-istri, tapi juga menghilangkan ketegangan otot dan mencapai kualitas orgasme yang maksimal. Namun, sebelum melakukan pijat nan aduhai ini, sebaiknya pasutri memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Tetapkan waktu pemijatan yang panjang. Jangan lakukan pada waktu yang terbatas, karena sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru, hasilnya pasti tidak akan memuaskan. Lakukan dalam kondisi badan enak. Juga dengan perlahan, lembut, dan sabar. Terutama pada bagian-bagian yang dianggap sensitif untuk membangkitkan gairah. Tentukan tempat untuk melakukannya. Masalah tempat ini sangat