TERTARIK motor matik tapi berkekuatan sport? Anda patut mencoba Yamaha Xeon 125 CC. Kakak kandung dari Yamaha Mio dan Soul ini, ternyata mampu menembus kecepatan hingga 115 Km/jam. Selain agresif, motor teranyar dari Yamaha ini juga mudah untuk bermanuver dan gampang dikendalikan. Namun, yang terpenting adalah matik ini termasuk irit bahan bakar.
Hal itu terbukti ketika diadakannnya Yamaha Fun Touring Xeon di Bali pada akhir pekan lalu, yang diikuti sekitar 30 jurnalis dari Jakarta, termasuk Pos Kota. Di pilihnya Bali sebagai arena touring, tentu mengingat Pulau Dewata adalah salah satu tempat yang paling banyak menggunakan motor jenis matik.
“Xeon memiliki keunggulan tersendiri dari matik para pendahulunya, terutama pada mesin dan fasilitasnya. Yamaha Xeon, mengguna kan mesin terbaru,” kata President Director PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Dyonisius Beti, di sela-sela acara Fun Touring Xeon.
Itu berarti, Yamaha Xeon yang dibandrol Rp15,5 juta (on the road Jakarta), merupakan motor baru, bukan sebagai motor yang hanya sekedar mengganti body, striping, atau jenis lampunya saja. Maka, tak perlu heran, bila pihak Yamaha optimis motor matik terbaru ini akan mampu menembus angka penjualan 20 ribu unit perbulannya. Saat ini saja, sejak diluncurkan pada akhir April lalu, sudah lebih dari 3000 orang yang inden untuk mendapatkan matik teranyar ini.
Teknologi dan disain Yamaha Xeon merupakan perpaduan dari dua saudaranya, yakni Jupiter MX 125 dan Mio Soul, seperti pada dapur pacunya yang mengacu pada teknologi yang sudah diaplikasi di Jupiter MX 135 cc yaitu silinder anti- gores, DiAsil Cylinder.
KEMAMPUAN SPORT
DiAsil Cylincer pada XEON, yang dibuat dengan proses cetak bukan sekedar lapisan (coated), sehingga tahan terhadap gesekan (aus), dan mempunyai kemampuan pendingin yang baik. Jadi, pemakai Xeon tak perlu terlalu sering melakukan perawatan. DiASil cylinder juga menjaga lapisan oli pada dindingnya secara ideal sehingga konsumsi bahan bakar berkurang, jadi lebih irit konsumsi bahan bakarnya dibandingkan motor sejenis di kelasnya.
Yamaha Xeon juga dilengkapi forged piston yang biasanya digunakan pada motor balap. XEON menjadi motor matik pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi ini sehingga performanya yang mendukung kinerja mesin berkarakter supersport. Tentunya, ini sangat berpengaruh pada power, lari motor mejadi jauh lebih agresif dan dinamis. Ini tentu sangat tepat, mengingat sasaran utama Xeon adalah pria muda.
Keunggulan lain dari motor ini, menurut Dyonisius, Xeon juga memiliki penambahan bagasi di bawah jok dengan kapasitas paling besar. Ini tentunya menambah keuntungan sendiri bagi konsumen, diantara metik lainnya. Kunci kontaknya dilengkapi key shutter (kunci magnet), untuk membuka penutup lubang kunci, diberi tombol khusus yang berada di sisi kiri lubang kunci tersebut . Bahkan, untuk membuka jok belakang pun dioperasikan melalui kunci kontak “Ini tentu memudahkan pengendara bila akan mengisi bensin tidak perlu melepas kunci kontak.”
Teknologi dan tampilan mewah pada Yamaha XEON 125 CC, akan menjadi pilihan utama bagi pengendara yang ingin tampil beda. Apalagi slogan ”Xtraordinary Performance: Powerful, Sporty, Stylish” sangat pas untuk menggambarkan eksistensi XEON, yang menunjukan Yamaha Xeon, bukanlah matik biasa, tapi matik luar biasa.
Comments
Post a Comment