Skip to main content

Format Video

http://wondershare-media-converter.smartcode.com/images/sshots/wondershare_media_converter_3558.jpegBicara soal merekam video dengan camcorder,tentu kurang afdol bila tidak sekalian mengakrabi video editing di PC. Apalagi kini berbagai produk camcorder terbaru sudah dilengkapi dukungan koneksi ke PC, beserta bundel software untuk keperluan editing ; hasil rekamannya. Namun, sebelum terjun ke tahap transfer, edit, dan simpan hasil rekaman, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu berbagai format video yang bisa digunakan di PC.

Apabila kita melakukan kegiatan editing dengan menggunakan komputer maka sebelumnya kita harus mempelajari karakteristik video dalam komputer. Karakteristik itu meliputi jenis ekstensi file video, ukuran frame video, jumlah frame per detik pada tiap file yang berbeda kompresor, serta driver codec kompresor yang digunakan untuk membuat file video.

Dalam Microsoft Windows, file video yang umum adalah mempunyai ekstensi Avi. Namun file video dengan ekstensi Avi masih terbagi menjadi banyak jenis sesuai dengan driver codec kompresornya, misalnya Microsoft Video, Microsoft DV, Intel Indeo(R), Cinepak Codec by Radius, Autodesk FLC Compressor, Microsoft MPEG-4 Video Codec V2, Microsoft RLE, M-JPG.

Selain ekstensi Avi juga terdapat ekstensi lain misalnya Mpg, Mpeg, dat (untuk VCD), Mov (untuk Quick Time è Macinthos), Wmv, M1v dan masih banyak lagi. Berikut akan dijelaskan karakteristik masing masing jenis file video tersebut.


AVI
Singkatan dari Audio Video Interlaced, ini merupakan salah satu format video paling tua yang dibangun oleh Microsoft. Format video ini sudah ada sejak zaman komputer x86, berbarengan dengan munculnya Windows 3.1.Berbeda dari format video lainnya, AVI mendukung beberapa jenis kompresi, seperti Cinepak, Intel Indeo, Microsoft Video 1, Clear Video dan IVI. Makanya, jangan heran jika suatu saat Anda menemukan dua video yang sama-sama berformat AVI, tapi salah satu di antaranya tak dapat dimainkan di PC Anda. Ini dikarenakan file video dibuat dengan sistem kompresi yang berbeda, dan PC Anda tidak mendukung salah satu kompresi tersebut.
Pada awalnya format AVI hanya mendukung resolusi maksimal 160 x 120 pixel, dengan refresh rate 15 frame per detik. Namun bersamaan dengan perkembangan Windows dan DirectX-nya, format AVI kini mampu menyimpan sebuah klip video dengan beresolusi sampai 720 x 576 pixel, dan refresh rate sampai 30 frame per detik.
Untuk membuat dan memainkan video berformat AVI, tidak dibutuhkan hardware khusus. Itulah yang menyebabkan format ini cukup mendominasi, dan selalu disertakan pada kebanyakan aplikasi multimedia.
Bahkan sampai saat ini, format AVI masih banyak digunakan oleh kartu video editing kelas semi- profesional.
Format ini dirilis pertama kali pada tahun 1993, dan merupakan sebuah standar ISO/IEC (International Organization for Standardization/ International Electrotechnical Commission) untuk video dengan kualitas menengah.


MPEG-1
MPEG-1 memungkinkan sebuah video dapat dikompresi dengan rasio 50:1 sampai 100:1, tergantung kualitas gambar yang Anda inginkan. Format ini memiliki kecepatan pembacaan data sekitar 1,5 Mbit per detik, sehingga cukup setara dengan pembacaan data pada CD-ROM berkecepatan 2X.
Motion Picture Expert Group 1 (MPEG-1) dapat digunakan untuk menyimpan video dengan resolusi maksimal 352 x 288 pixel. Kualitasnya dapat disetarakan dengan format VHS.
Format MPEG-1 saat ini banyak digunakan sebagai format video dalam VC D.

MPEG-2
MPEG-2 merupakan pengembangan dari MPEG-1 yang mulai diperkenalkan pada tahun 1995. Format ini memungkinkan Anda menjalankan data video dengan kecepatan 100 Mbit per detik.
Selain lebih unggul pada kecepatan transfer data, MPEG-2 juga memiliki peningkatan kualitas gambar dan suara. Pada video berformat MPEG-2, Anda bisa melihat tayangan video dalam resolusi tinggi dan didukung kualitas suara stereo, bahkan sistem surround seperti format
Dolby Digital dan DTS. Talk heran bila kemudian format ini digunakan sebagai format video pada keping SuperVCD, DVD dan siaran digital TV.
MPEG-2 juga memungkinkan fleksibilitas pengaturan skala resolusi dan kecepatan pembacaan data, mempunyai kemampuan menyuguhkan gambar dengan resolusi sampai 720 x 576 pixel. Ini format video termutakhir dari MPEG. Pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1998, dan menjadi standar internasional pada tahun 1999. Format ini merupakan hasilpengembangan dari ratusan periset dan teknisi yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

MPEG-4
Rasio ukuran layar standar yang digunakan oleh hampir semua pesawat video standar. Perbandingan ukuran pastinya adalah empat satuan lebar (horizontal) dan tiga satuan tinggi (vertikal). Ukuran ini sekarang sudah mulai ditinggalkan, seiring keluarnya berbagai peranti yang menyuguhkan ukuran layar yang lebih lebar dan panoramik.
Rasio yang lebih dikenal dengan sebutan layar lebar (wide screen). Ukuran ini relatif lebih lebar dibandingkan rasio standar. Pada ukuran rasio ini, gambar yang ditampilkan lebih lebar dan lebih sesuai dengan sudut pandang manusia.
Tujuannya simpel, yaitu untuk mendapatkan tayangan dengan kualitas paling tinggi, tapi pada kecepatan transfer data rendah antara 10 Kbit per detik sampai 1 Mbit per detik. Alhasil, ukuran file MPEG-4 lebih kecil 15 persen dari ukuran file DVD standar, kendati menggunakan resolusi 640 x 480 pixel sekalipun. Lho, kenapa yang dijadikan patokan DVD? Sebab, kualitas MPEG-4 setara bahkan lebih baik dibandingkan DVD.
Lantaran teknologi kompresinya yang ampuh itu, talk berlebihan bila format MPEG-4 diberi gelar "MP3- nya Dunia Video".
Teknologi ini banyak Anda jumpai pada transmisi video melalui internet (video streaming). Bahkan beberapa produsen mulai mengembangkannya untuk memindahkan video ke ponsel. Salah satu implementasi lanjutan dari teknologi MPEG-4 adalah DivX.


MOV
MOV merupakan format video yang diperkenalkan oleh Apple, dan menjadi zormat standar Apple yang bisa diputar dengan aplikasi QuickTime.
Sekitar 1993 sampai 1995, format ini oernah lebih popular dan unggul dibandingkan AVI-nya Microsoft, baik dinilai dari -ungsi maupun kualitas. Namun, kini format yang satu ini mulai kehilangan pamornya, Apalagi dengan makin berkembangnya ormat MPEG.
MOV sendiri bisa dinikmati baik di Macintosh maupun PC, asal Anda meng; isntal aplikasi QuickTime.
MJPEG
Singkatan dari Motion JPEG, format ini boleh dibilang berada di antara format gambar diam (foto) dan video berisi urutan (slide show) gambar atau foto berformat JPEG. MJPEG sebenarnya tak hanya merupakan format yang menyatukan kumpulan gambar berformat JPEG, melainkan juga menawarkan kompresi dengan rasio 5:1.
Kelemahannya, sinkronisasi data video dan audio belum diimplementasikan di sini, sehingga format video yang dihasilkain masih dalam bentuk slide show yang tak bersuara

ASF
Advanced Streaming Format (ASF) merupakan format video lain dari Microsoft, yang lebih dispesialiasikan sebagai media streaming. Format ini bisa terdiri dari audio, video, maupun slide show.
ASF dapat dikemas dalam file dengan kompresi tinggi, dan dapat disalurkan ke dalam data yang mengalir secara terus menerus, seperti siaran TV dan radio online. Ukuran file-nya pun bisa diatur sesuai dengan bandwidth (kecepatan koneksi) yang direkomendasikan.

WMV
Ada satu lagi format video yang diusung oleh Microsoft, yakni WMV (Windows Media Video). Format ini dibangun dan dikontrol oleh Microsoft, dan menjadi nama dari salah satu solusi video encoding yang dimiliki Microsoft.
Tidak ada penjelasan mengenai teknologi yang digunakan dalam format tersebut. Namun sejak versi ketujuh (WMV7), Microsoft telah menggunakan teknologi , video MPEG-4 yang tidak kompatibel dengan teknologi MPEG-4 lainnya.

PAL & NTSC
Media video adalah media motion picture yang disertai dengan audio. Karena merupakan gambar yang bergerak maka media video terdiri dari banyak sekali frame yang berbeda yang merupakan satu kesatuan dari video itu sendiri. Dalam film dengan durasi 30 menit terdapat ribuan frame karena dalam satu detik secara normal terdapat 30 frame gambar. Bila dihitung maka 30 frame X 1800 detik = 54000 frame. Satuan pengukuran yang digunakan adalah Hour : minutes : second : frame, yang merupakan durasi dari sebuah film ketika dimainkan. Satuan ini adalah satuan standar dari SMPTE atau Society of Motion Picture and Television Engineers.
Ada dua standar sinyal komposit yang digunakan, yaitu PAL (Phase Alternating Lite) dan NTSC (National Television Standart Commite). PAL digunakan oleh siaran televisi pada kawasan Eropa dan sebagian negara di Asia (termasuk Indonesia). Sedangkan NTSC digunakan oleh Amerika Serikat dan Jepang. Standar frame pada PAL adalah 25 fps (frame persecond), dan NTSC adalah 29,97 fps. Karena itu pesawat televisi yang di rumah apabila diseting ke PAL maka akan berkedip sebanyak 25 kali dalam satu detik.
Gambar 1 (DV Avi) mempunyai ukuran frame 720x576, gambar 2 (Mpeg) mempunyai ukuran frame 352x288, sedangkan gambar 3 adalah merupakan gambar 2 yang telah diperbesar hingga ukrannya menyamai gambar 1, sehingga terlihat kasar. Seperti itulah kira – kira perbedaan kualitas gambar dari 2 jenis file yang berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Pijat Suami -Istri ,Sensasi Luar Biasa

Setelah bertahun-tahun membina rumah tangga, kadang sepasang suami-istri baru menyadari, ternyata ada kejenuhan dalam hubungan  intim mereka. Pasutri yang beberapa tahun lalu berjanji hidup bersama sampai mati itu tak lagi bergairah dalam percintaan. Padahal, dengan sedikit sentuhan sensual, api gairah bisa kembali berkobar. Pijat sensual tak hanya berguna untuk menaikkan gairah seksual pasangan suami-istri, tapi juga menghilangkan ketegangan otot dan mencapai kualitas orgasme yang maksimal. Namun, sebelum melakukan pijat nan aduhai ini, sebaiknya pasutri memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Tetapkan waktu pemijatan yang panjang. Jangan lakukan pada waktu yang terbatas, karena sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru, hasilnya pasti tidak akan memuaskan. Lakukan dalam kondisi badan enak. Juga dengan perlahan, lembut, dan sabar. Terutama pada bagian-bagian yang dianggap sensitif untuk membangkitkan gairah. Tentukan tempat untuk melakukannya. Masalah tempat ini sangat