CARA SERVICE WATER HEATER GAS

 Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu service water heater gas yang sering terjadi dan spare part water heater gas apa saja yang perlu di beli silahkan simak...

Tidak ada percikan api.

    Ganti battery 1,5V 2 buah.
    Check tekanan air, mungkin pompa sudah mulai lemah. Coba dengan pompa cadangan lain.
    Aliran air tersumbat, pada pipa masuk sebelum ke WH terdapat saringan air, bersihkan saringan ini, jika masih belum bisa juga lepaskan saringan.
    Kontroler pulse igniter mati, jika batery sudah baru, tekanan pipa OK, tetapi tetap tidak ada percikan api berarti kontroler pulse igniter mati.

    kontroler pulse igniter
     Untuk memastikan pulse igniter ini yang mati, coba lepaskan switch air / micro swict / easy swict
    micro swict
     switch air / micro swict / easy swict
    dan gerakkan dengan tangan, jika bisa menyala maka tekanan air yang kurang kuat, namun jika tetap mati berarti kontroler mati.

Ada percikan api tetapi api tidak menyala

    Check gas LPG, kemungkinan sudah habis.
    Chek juga regulator sering terjadi valvenya nutup ( semacam gotri kecil )
    Apakah ada bunyi “cetek” setelah percikan api? Jika tidak bunyi magnetik valve mungkin sudah lemah. Ketok dengan obeng atau palu. Jika tetap tidak bisa ganti.
   
    selenoid valve
    Apakah ada sumbatan pada saluran gas, tiup selang gas dengan kompresor, dengan melepas magnetic valve / selenoid valve terlebih dahulu. Sekalian bersihkan magnetic valve / selenoid valve dengan bensin agar kerak hilang.


water heater gas api menyala hidup terus mati

    cek termostat berbentuk jenkolan berkaki 2, untuk memastikan shootkan kedua kakinya. hidupkan kembali jika api menyala normal dan stanby berarti termostat rusak.
    jika langkah pertama sudah dilakukan dan masih sama apinya hidup mati...bisa dipastikan SCR yang berada di dalam kontroler pulse igniter rusak. solusinya ganti baru.


Pompa air tidak nyala padahal kran sudah dibuka

    Pressure switch aliran air ngadat. Ketok dengan obeng, jika masih belum bisa buka dan stel dengan obeng positif. Turunkan tekanan bukanya (kendorkan baut).
    Pompa air mati, putar bagian belakang pompa dengan obeng positif. (pada bagian tengah-tengah kipas, terdapat baut positif, silahkan putar-putar agar motor tidak macet). Jika tetap tidak mau menyala, berarti pompa mati, silahkan service ditukang pompa.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage