Cara memperbaiki pipa freon (evaporator) kulkas yang bocor

Freezer kulkas bocor kena ujung pisau bagaimana mengatasinya...?

Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es/kulkas, kebanyakan orang menusuk bunga es pada lemari es/kulkas menggunakan benda tajam/tumpul yang menyebabkan kebocoran evaporator, sehingga freezer menjadi tidak dingin.
Kebanyakan orang langsung memanggil teknisi kulkas untuk mengganti evaporator yang bocor tersebut agar bisa normal kembali, dan mengeluarkan uang banyak untuk penggantian spare part evaporator tersebut.
kebanyakan orang bertanya-tanya mengapa pada lemari es/kulkas satu pintu mengeluarkan bunga es yang banyak sekali bila lama beroperasi, beda dengan lemari es/kulkas dua pintu yang tidak mengeluarkan bunga es sekalipun sudah beroperasi dalam jangka waktu yang lama.
jawabannya adalah lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
Sedangkan pada lemari es dua pintu, terdapat motor dan pada bagian pintu atasnya, sehingga es batu dalam plastik yang sudah beku dapat mudah kita ambil. dan tidak terdapat bunga es sama sekali pada freezer kulkas dua pintu.

Bila freezer kulkas sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali?
jawabannya bisa, tetapi hanya bisa menekan biaya penggantian evaporator dengan cara menambal bagian yang bocor.
Yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan
2. campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu
3. untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu
4. pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon
5. setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut
6. setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam
7. bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu
8. setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.

Dengan begitu kita bisa menekan biaya besar untuk pembelian evaporator, kita hanya mengeluarkan biaya murah hanya dengan penggisian freon untuk lemari es/kulkas 1 pintu.

Jawaban lain :

Saat kita sadari bahwa bagian freezer/evaporator bocor tertusuk benda tajam hal pertama yg harus kita lakukan adalah mematikan kulkas / mencabut steker dari colokan listrik, kemudian bawalah kulkas ke area dengan ventilasi udara yg baik ( sebaiknya keluar ruangan ) agar freon tidak ikut terhirup pernafasan kita, jika memungkinkan setelah tidak ada lagi gas freon yg keluar dari dalam lubang segera keringkan area kebocoran ini, hal ini untuk menjaga kemungkinan air sisa es yg mencair tidak masuk melalui lubang kebocoran tadi setelah freon habis karena jika air masuk maka proses perbaikan akan lebih menyulitkan karena air ini harus di keluarkan dahulu dari dalam system.

Dua hal sering dilakukan teknisi saat proses perbaikannya seperti :

1. Menambal kebocoran dengan lem khusus jika kebocorannya masih termasuk bocor ringan (dibawah 2mm).
2. Mengganti Evaporator yg bocor dengan yg baru dari service center atau jika dirasa terlalu mahal bisa dibeli di toko penjual alat2 khusus kulkas.

Jika teknisi nya berpengalaman cara pengerjaan seperti apapun pasti akan baik dan rapi karena pengerjaannya dilakukan dengan alat2 khusus sehingga tidak akan merusak apapun dari kulkas ybs.

2.  ika freezer anda bocor kena benda tajam,yang pasti freon sudah habis...kalo masalah ditambal bisa juga tapi tetap harus diisi freon lagi

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage