Skip to main content

Cara bikin web dengan Webbly

Weebly adalah cara termudah untuk membangun website Anda sendiri. Tapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan bantuan untuk mengenal jalan sekitar Anda. Semua dasar-dasar yang Anda butuhkan untuk menempatkan bersama Anda pertama (dan kedua, ketiga, keempat - bahkan ketujuh belas) situs dapat ditemukan selama ini beberapa halaman berikutnya. Ambil beberapa menit untuk membaca panduan ini, atau menonton video praktis, dan Anda akan menjadi seorang ahli dalam tentang waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sarapan bagus.
Mari kita sampai ke sana dan membangun situs!

Judul Situs


Setiap situs harus memiliki judul, yang merupakan hal hal pertama yang kami minta ketika Anda membuat situs baru. Judul ini dapat dengan mudah diubah nanti, jadi jangan terlalu khawatir tentang hal itu di sini. Aku akan memanggil situs ini "My Fantastic Site" untuk saat ini.

Alamat Web




Setiap situs juga harus memiliki alamat (seperti www.weebly.com misalnya) sehingga pengunjung Anda dapat menemukannya. Anda memiliki tiga pilihan untuk memilih alamat, dan alamat, seperti judul, bisa sangat mudah berubah setiap saat:

Opsi 1: Gunakan Subdomain dari Weebly.com - Ini adalah sebuah alamat seperti yoursite.weebly.com. Sepenuhnya bebas untuk digunakan.
Opsi 2: Daftarkan Domain Baru - Jika Anda ingin domain sendiri pribadi Anda (seperti www.amazon.com atau www.tanamanobat.weebly.com), Anda dapat membayar untuk mendaftarkannya dengan pilihan ini.
Opsi 3: Gunakan Domain Anda Sudah Memiliki - Jika Anda sudah memiliki domain yang Anda sebelumnya telah dibeli melalui Weebly atau penyedia lain, Anda dapat memasukkannya sini.

Jika Anda tidak yakin apa yang ingin Anda lakukan belum, cukup masukkan sebuah sub gratis-domain melalui Option A.

Dengan langkah-langkah pertama yang dilakukan, situs baru Anda akan terlihat sangat mirip dengan gambar di bawah ini:


Anda sekarang siap untuk mulai membangun situs Anda. Dalam proses membangun situs Anda (dan membaca panduan ini) Anda akan bekerja dengan:
Elemen

Elemen adalah blok bangunan dasar dari situs Anda. Semua konten situs Anda, baik itu teks, gambar, video atau apa yang telah Anda, ditambahkan melalui elemen.

Halaman 
Situs Anda dapat memiliki sebagai banyak halaman dan sub-halaman seperti yang Anda inginkan karena tidak ada batas halaman baik untuk akun gratis atau dibayar. Kami akan menambahkan beberapa halaman (termasuk blog) ke situs uji kami dalam buku petunjuk ini.

Tema / Desain
Anda dapat memilih dari salah satu dari sejumlah tema dan berpindah ke tema yang berbeda setiap saat. Hal ini mempengaruhi tampilan situs Anda. Semua halaman Anda dan unsur-unsur tetap di tempatnya, tidak peduli apa tema yang Anda pilih. Kami akan beralih mengambil tema dan melihat dari dekat pilihan tema (seperti mengganti font) menjelang akhir pemandu.

Elemen Pertama: Tambahkan Teks dan Gambar ke Situs Anda

Seperti disebutkan pada halaman sebelumnya, elemen adalah blok bangunan situs Anda. Semua konten Anda (selain dari beberapa pengecualian seperti gambar header, yang kita akan membahas nanti) ditambahkan melalui elemen. Marilah kita membahas beberapa elemen dan menambahkannya ke halaman pertama dari situs teladan kita.

Elemen Teks

 Menambahkan sebuah element ke sebuah situs yang sederhana seperti mengklik pada elemen itu dan menariknya ke wilayah konten halaman. Mari kita tarik elemen yang paling dasar - elemen paragraf - ke situs ini sampel.

Elemen paragraf adalah persis apa yang terdengar seperti - suatu elemen untuk menulis teks. Anda dapat menulis kata, kalimat atau paragraf dalam beberapa elemen tunggal. Cukup klik dalam elemen untuk mulai mengedit.



Ketika Anda menulis teks Anda, memperhatikan toolbar biru di bagian atas editor. Setiap elemen memiliki toolbar sendiri dengan fungsi-fungsi khusus untuk elemen.

 

Toolbar teks yang memungkinkan Anda untuk: (dari kiri ke kanan) Bold , italicize , Underline , mengubah warna , meningkatkan ukuran dan mengurangi ukuran teks yang dipilih. Anda juga dapat membuat link (kita akan melihat lebih dekat ini sedikit kemudian) ke situs lain, halaman di situs Anda sendiri, alamat email atau file upload.
Di luar itu Anda dapat menyelaraskan semua naskah dalam suatu elemen ke pusat, kiri atau kanan, membuat kedua daftar dan daftar nomor, dan juga undo / redo perubahan.
Satu hal yang mungkin memperhatikan Anda tidak dapat lakukan adalah mengubah font. Itu karena font dikendalikan melalui tema situs dan tidak dalam unsur-unsur individu. Anda dapat mengubah font default untuk area yang berbeda dari situs Anda melalui tab Design, dan kita akan melihat lebih dekat ini sedikit kemudian di panduan ini.
Saat menulis teks Anda, hindari copy / paste dari pengolah kata seperti Microsoft Word. Format ini aplikasi teks mereka dengan cara yang tidak bekerja dengan baik dengan sebuah situs web dan Anda bisa berakhir dengan masalah teks yang aneh jika Anda paste langsung dari sebuah dokumen Word. Jika Anda menulis teks Anda dalam jenis aplikasi pastikan untuk menyimpan file Anda sebagai Plain Text sebelum Anda copy / paste ke Weebly. Anda dapat melakukan ini di sebagian besar aplikasi dengan pergi ke File> Save As. Melakukan hal ini akan memastikan proses mengedit teks Anda adalah satu berfungsi.
 Kembali ke situs contoh kami - saya menulis sebuah pesan selamat datang singkat dalam elemen ayat:

Untuk menambahkan teks lebih kita bisa terus menulis dalam unsur yang sama, tambahkan elemen lain ayat ke halaman, atau gunakan salah satu dari tiga elemen teks yang lain:
Title - Digunakan untuk menambahkan judul / header untuk halaman.
Ayat w / Judul - Unsur ayat dengan tempat untuk judul yang sudah built in
Ayat w / Picture - Unsur ayat dengan tempat untuk kedua judul dan gambar built in
 Masing-masing elemen menggunakan toolbar mengedit teks yang sama kita melihat di atas dan Anda bisa stack sebagai banyak dari mereka yang Anda inginkan pada halaman.
 Sekarang, bagaimana menambahkan gambar ke situs ini?
Elemen Gambar
 Ada tiga elemen yang dapat digunakan untuk menambahkan foto ke sebuah situs. Paragraf tersebut di atas dengan unsur gambar, serta:
Unsur gambar - Upload satu gambar per elemen.
Galeri gambar unsur - Upload sebagai gambar yang Anda ingin membuat galeri gambar diklik. Menambahkan setiap elemen gambar ke situs Anda bekerja dengan cara yang sama seperti menambahkan elemen teks - hanya tarik ke halaman.

Meng-upload gambar ke elemen gambar adalah yang sederhana seperti mengklik biru besar Sample Image. Hal ini akan membuka browser file di komputer Anda di mana Anda dapat menemukan gambar yang ingin Anda upload.


Seperti elemen teks, bila Anda memilih dan meng-upload gambar yang Anda inginkan, Anda akan melihat toolbar mengedit biru di bagian atas editor.

Gunakan toolbar ini (dari kiri-ke-kanan) untuk meng-upload gambar baru, mengatur ukuran perbatasan (atau perbatasan sama sekali), pilih batas abu-abu atau hitam, posisi gambar ke kiri / center / kanan dari elemen, masukkan keterangan, image link ke tempat lain (atau versi yang lebih besar dari gambar yang sama) dan menggunakan Pilihan lanjutan untuk mengatur margin sekitar gambar dan masukkan Teks Alt jika diperlukan.

Ulang ukuran gambar dengan mengklik dan menyeret kotak yang ditemukan di sudut-kanan bawah masing-masing.


Saya telah menggunakan elemen gambar untuk menambahkan dua gambar ke situs contoh kami:



Dan situs kami sekarang terlihat seperti ini:



Seperti yang Anda lihat, setiap elemen kami telah menambahkan yang ditumpuk di atas atau di bawah unsur lain seperti kolom blok bangunan. Elemen tumpukan di atas satu sama lain secara default dalam editor. Tapi bagaimana kalau kita ingin menempatkan dua atau lebih elemen side-by-side?

Mengubah Layout Page dengan 2 Kolom Elemen

Secara default, area konten halaman yang memungkinkan Anda hanya untuk stack elemen satu di atas yang lain. Tidak peduli berapa kali Anda mencoba untuk menyeret elemen di samping elemen yang lain, selalu akan berakhir di atas atau di bawah elemen. Ini bekerja baik, kecuali jika Anda ingin berbaris beberapa elemen Anda sisi-by-side di beberapa kolom. Di situlah Layout Dua Kolom yang masuk


Dua Kolom Layout Elemen bekerja seperti unsur lainnya: hanya tarik ke halaman. Ini akan tumpukan di atas atau di bawah setiap elemen lain yang sudah ditempatkan pada halaman itu dan secara harfiah terdiri dari dua kolom yang kosong yang dipisahkan oleh sebuah bar biru.
Bar ini biru bisa diklik dan diseret ke kanan atau kiri untuk menambah / mengurangi ukuran kolom. Perhatikan bahwa bar ini tidak muncul di situs Anda diterbitkan, sehingga konten indah anda tidak akan dirusak oleh bar biru mengalir di tengah.
Menambahkan konten ke salah satu kolom adalah yang sederhana seperti menyeret konten yang ke kolom.

elemen adalah sebagai sederhana mengklik dan kemudian menyeret pada bar biru di bagian atas elemen.

Saya telah menempatkan masing-masing gambar yang kita upload sebelumnya dalam panduan ini ke dalam kolom sendiri.
kolom dapat berisi lebih dari satu elemen - Anda dapat menempatkan elemen sebanyak yang Anda suka dalam setiap kolom - jadi mari kita menempatkan elemen judul di atas masing-masing gambar. Anda dapat menarik konten lurus ke bawah dari toolbar elemen dan masuk ke kolom.

Sekarang daerah isi situs contoh kami terlihat seperti ini:

Mari kita membuat satu tweak lagi sebelum kita melanjutkan. Saya pikir elemen paragraf di bagian atas halaman akan terlihat lebih baik di bawah Layout Kolom Dua, jadi saya akan menyeret di sana. Dengan yang dilakukan, ini adalah bagaimana situs contoh kita terlihat:

Kemudian, kita akan menghubungkan kedua gambar ke Portrait Fotografi & Dance halaman Photography. Tetapi sebelum kita bisa melakukan itu, kita harus membuat halaman tersebut.

Buat Halaman Pilihan untuk Situs Anda           

Apakah kamu seorang pengguna bebas atau pelanggan untuk layanan Pro kami, situs Anda dapat memiliki banyak halaman dan sub-halaman yang diperlukan. Kami menempatkan tanpa batas apapun pada jumlah halaman yang dapat ditambahkan ke sebuah situs. Membuat halaman baru adalah yang sederhana seperti pergi ke tab Pages dan mengklik tombol New Page.

Ada pilihan untuk membuat halaman baru atau Blog baru. Untuk sekarang mari kita fokus hanya menciptakan Baru Halaman.
Mengklik tombol New Page menambahkan halaman baru ke daftar Anda.

Bekerja dari atas-ke-bawah Anda dapat:
  • Ubah Nama Page 
  • Edit Page (yang akan membawa Anda kembali ke area elemen editor yang kita sudah sebelumnya melihat) 
  • Salin Page untuk digunakan sebagai dasar untuk halaman baru 
  • Hapus Halaman ini 
  • Setel opsi Show pada Menu Navigasi untuk Ya atau Halaman Tidak diatur ke Ya dapat diakses melalui navigasi situs, halaman diatur ke Tidak tersembunyi dari navigasi (meskipun Anda dapat membuat link Anda sendiri untuk halaman tersembunyi) 
  • Hidupkan Password Protection, yang mengharuskan berlangganan ke layanan Pro kami 
  • Mengatur Pengaturan Lanjutan

Pengaturan Lanjutan untuk setiap halaman yang berguna untuk menyempurnakan situs Anda Optimasi Search Engine. Jika Anda tidak tahu apa ini, abaikan saja untuk saat ini seperti yang akan kita melihat lebih dekat di SEO menjelang akhir pemandu.
Mari menambahkan halaman baru beberapa ke situs contoh (mengklik New Page lagi akan menambah halaman lain dan menyimpan perubahan ke halaman Anda telah bekerja pada): halaman untuk portofolio fotografi, halaman e-commerce di mana pengunjung dapat jadwal dan membayar sesi, dan Halaman Contact Me di mana kita dapat menempatkan formulir kontak kemudian


Anda dapat kembali mengatur urutan halaman dengan mengklik dan menyeret mereka atas dan ke bawah daftar. Menyeret halaman untuk bagian atas daftar akan membuat halaman Anda Home, yang ditandai dengan ikon rumah ke ujung kanan nama halaman.
Dalam portofolio, mari kita juga menambahkan dua sub-halaman untuk portofolio potret dan portofolio tari. Sub-halaman muncul pada menu navigasi situs sebagai bagian dari menu drop-turun untuk apa pun halaman mereka terhubung ke (juga lihat bagaimana ini terlihat sebentar lagi).

Sub-halaman mulai sebagai halaman biasa dibuat melalui tombol Page.


Untuk membuat mereka sub-halaman, hanya menyeret mereka di bawah halaman yang sesuai dan kemudian menyeret mereka ke kanan sampai Anda melihat setiap satu terhubung ke halaman utama melalui garis putus-putus


Sekarang menu navigasi untuk situs contoh kami (yang sebelumnya hanya menunjukkan link ke Home) mencakup link ke semua halaman kita buat

Dan jika kita gulir atas link Portfolio dengan pointer mouse, menu drop-down muncul dengan link ke masing-masing sub-halaman yang kita buat.

Untuk mengedit konten halaman klik saja link dari menu navigasi atau pergi ke tab Halaman, pilih halaman dari daftar dan klik tombol Edit Halaman.

Switch Tema dan Font Edit 
Sekarang bahwa situs kita akan datang bersama, ini tampak seperti waktu yang baik untuk memutuskan tema yang digunakan untuk desain. Tema dapat dipilih pada setiap saat (baik di tengah, awal atau akhir dari proses pembuatan situs) dan memilih tema baru tidak menghapus atau mengubah isi situs Anda.
Untuk mengubah tema Anda, buka tab Design:


Hal pertama yang Anda lihat di sini adalah "Favorit" bagian, di mana kami menampilkan sejumlah tema kesukaan kita. Ini juga di mana tema favorit Anda sendiri akan muncul ketika Anda memilih mereka. 


Jika Anda gulir atas tema di daerah favorit, Anda akan melihat bagaimana situs Anda sendiri akan terlihat jika Anda memilih tema itu. Jika Anda gulir off tema, Anda akan melihat tema awal lagi. Untuk memilih tema, klik di atasnya.


Jika Anda pergi ke bagian Tema Semua tab Design, Anda akan melihat semua tema. Ini dapat dipandang sebagai suatu kelompok besar atau dengan melihat melalui berbagai kategori seperti Bisnis atau Pernikahan. Jangan merasa dibatasi oleh kategori - tema apapun dapat digunakan oleh setiap orang atau usaha untuk membuat situs tampak bagus.

Bila Anda melihat tema yang Anda suka, gulir atas dan klik tombol Preview untuk melihat bagaimana situs Anda sendiri terlihat dengan tema ini.

ini bagaimana situs misalnya kita melihat dengan tema saya telah dipilih untuk melihat pratinjau


Klik Gunakan Tema untuk menggunakan tema untuk situs anda, klik Favorit untuk menambahkannya ke daftar Favorites Anda atau klik Batal untuk melihat melalui tema lain.

Setelah Anda memilih tema, gunakan bagian Desain Pilihan untuk mengatur font default untuk theme itu.


dapat mengubah font untuk Anda Situs Judul, Ayat Judul, Teks Ayat (ini adalah sebagian besar teks di situs Anda) dan untuk anda Link.
Sebelumnya: Tambah Halaman
Edit Header

Banyak dari tema kami meliputi area untuk gambar header (Anda akan tahu tema Anda termasuk ini jika ada gambar default di bagian atas tema). Seperti diragukan Anda akan ingin menggunakan gambar standar pada setiap halaman Anda, kami telah membangun yang mudah digunakan header penciptaan alat yang disebut ImagePerfect sehingga Anda dapat membuat header sendiri.
Perhatikan bahwa jika tema Anda tidak memiliki gambar header default, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur ini kecuali Anda memilih tema lain.

Untuk memulai, gulir atas gambar header dan klik tombol Edit Gambar:


Setelah Anda melakukan ini, Anda mungkin akan ingin untuk terus maju dan menghapus gambar default. Klik gambar dan kemudian klik X merah di pojok untuk melakukannya.

Untuk menambahkan gambar ke header, klik tombol Tambahkan Gambar di kanan atas.


Ini akan memberikan anda pilihan untuk memilih gambar Anda sendiri ...


Atau untuk memilih foto berlisensi Creative Commons dari Flickr. Anda dapat menggunakan kolom yang disediakan untuk mencari gambar yang sesuai untuk situs Anda.

Setelah Anda meng-upload atau pilih gambar, Anda dapat mengeditnya. Gambar ini terlalu besar untuk header halaman.


Gambar dapat kembali menggunakan gelembung berukuran kecil di setiap sudut dan sisi gambar.


Dan gambar dapat diseret dengan mengklik di mana saja di atasnya dan menyeretnya.


Bila Anda senang dengan gambar, pilih Simpan tombol untuk Simpan itu. Anda dapat menggunakan tanda panah di sebelah kanan tombol Simpan untuk memilih apakah akan menyimpan foto ke setiap halaman situs tersebut, hanya halaman ini atau untuk memilih hanya halaman tertentu untuk menyimpannya ke.


Dan ini adalah bagaimana halaman terlihat dengan gambar tersimpan. Anda dapat menggulir ke atas header disimpan untuk mengeditnya lagi.

Perlu diketahui bahwa banyak gambar dapat ditambahkan ke header yang sama hanya dengan terus menambahkan gambar dengan tombol Image Tambah. 

Memulai Blog Baru

Untuk membuat blog, buka tab Halaman editor dan klik tombol New Blog.  



Ini akan menambahkan blog ke daftar halaman.


Berikan nama blog dan kemudian klik Edit Page untuk mulai menambahkan konten



Sebuah blog baru dimulai dengan posting sampel (yang Anda dapat mengedit atau menghapus) dan sidebar dengan beberapa konten default yang Anda dapat dengan mudah berubah.

Untuk membuat posting baru untuk blog Anda, gunakan tombol New Post di bagian atas blog itu sendiri. 

posting blog Anda memiliki judul dan area konten. Judul umumnya harus pendek - tak lebih dari kalimat panjang atau lebih. Area konten termasuk elemen ayat dasar yang Anda dapat mengedit atau menghapus

Menambahkan konten ke posting blog bekerja dengan cara yang sama seperti menambahkan konten ke halaman biasa - cukup tarik elemen ke dalam tulisan dan mengeditnya untuk menambahkan konten. 


Sekali Anda telah menambahkan konten Anda dapat mengkategorikan pasca - kategori ini akan muncul pada sidebar Anda, sehingga memudahkan pengunjung blog Anda untuk menemukan posting yang mencakup topik-topik tertentu. Kategori dapat apa pun yang Anda suka dan tidak perlu untuk menggunakannya.


Sekarang Anda dapat Publish posting ke situs langsung Anda (yang akan membuat langsung tersedia) atau Simpan ke Konsep untuk mengedit / mempublikasikan nanti


Jika Anda menyimpan posting sebagai draft, itu akan dapat diakses untuk Anda melalui area draft di bagian atas halaman blog dari dalam editor (bersama dengan rancangan lain yang sudah disimpan). Cukup klik link ke posting dari daerah ini draft untuk mengedit lebih lanjut dan menyimpan / Publikasikan

Setiap posting baru Anda Publikasikan akan muncul di bagian paling atas halaman, mendorong posting lama lebih bawah halaman. Setelah Anda telah menambahkan tujuh atau delapan posting ke halaman, posting lama akan dipindahkan dari halaman utama ke halaman arsip masih dapat diakses.

Anda Publikasikan Situs dan Langkah Selanjutnya 

Sekarang bahwa Anda telah menambahkan beberapa konten dasar untuk situs Anda, Anda siap untuk Publikasikan itu. Untuk melakukannya, cukup gunakan tombol Publish di sudut kanan atas dari editor.

Ini akan memunculkan kotak verifikasi, membiarkan Anda mengetahui situs Anda telah Ditampilkan.
Anda dapat mengklik alamat Ditampilkan untuk melihat situs Anda (Anda juga dapat memberikan alamat ini keluar sehingga orang lain dapat menggunakannya untuk mengunjungi situs Anda), gunakan Facebook dan tombol Twitter untuk menghubungkan teman dan pengikut di kedua penyedia ke situs Anda, dan klik "x" di sudut kotak untuk menutup kotak dan melanjutkan mengedit situs Anda.

Anda juga diberi pilihan untuk membeli domain pribadi jika Anda belum memiliki satu. 

Tentu saja, Anda mungkin tidak dilakukan dengan situs Anda pada saat ini, dan itu OK. Anda dapat terus menambahkan konten melalui editor kapan pun Anda suka dan kemudian klik tombol Publish untuk mendorong konten yang ke situs hidup Anda. selajutnya bila anda tertarik untuk membuat blog dengan weebly anda bisa gabung disini.

thanks

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti