APA ITU MICROFIBER?

Microfiber merupakan terminologi yang digunakan untuk menggambarkan serat yang sangat halus dan penyebutan untuk teknologi pengembangan serat ini. Kain yang terbuat dari benang extra halus ini menghasilkan sentuhan yang sangat lembut, berupa handuk, mop dan banyak aplikasi lainnya seperti, bath robe, handuk bayi, dll.
Banyak definisi tentang microfiber tetapi kebanyakan mengatakan dalam istilah umum sebagai benang yang mempunyai ukuran kehalusan kurang dari 1 denier per filament. Penyebutan microfiber merujuk ke teknologi pengembangan serat halus yang berdiameter hanya 0.006 mm yang berarti 10 kali lipat lebih halus daripada sutera, 30 kali dari katun, 40 kali dari wol, dan 100 kali dari rambut manusia. Hanya satu lbs ( sekitar 0,456 kg ) berat benang dapat mengelilingi bumi lebih dari 10 kali lipat. Semakin kecil diameter dan nomor benang maka semakin halus seratnya yang berarti semakin effective untuk membersihkan permukaan.
Ada empat macam microfiber yang di produksi tetapi yang paling baik untuk kain pembersih adalah campuran dua polymer yaitu nylon ( polyamide ) dan polyester. Polyester sebagai lyophillic memastikan afinitas terhadap butiran kotoran dan minyak sedangkan nylon ( polyamida ) berfungsi dalam hal daya serap air. 
Rasio dua campuran polymer biasanya adalah 80% polyester dan 20% nylon, campuran 70/30 akan menyerap air lebih cepat. Oleh karena nylon lebih mahal daripada polyester maka harganya sedikit lebih mahal untuk campuran 70/30 ini. Memang benar bahwa nylon lebih menyerap air daripada polyester, kain yang terbuat dari campuran 70% polyester dan 30% nylon tidak otomatis kering lebih baik dari campuran 80/20. Proses knitting dan treatment benang ( splitting ) akan menentukan kualitas kain lebih daripada campuran material.Tanpa proses splitting, tidak ada beda dengan normal polyester.
Proses splitting polyester dan nylon menciptakan jutaan celah pada banyak irisan ( 16 irisan "cross section" / 16 segmen dalam bentuk V / alur berbentuk bintang ). Ini juga disebut dengan proses pengurangan berat karena beberapa bagian polyester terlarut oleh larutan NaOH ( soda costic ). Melakukan proses splitting dengan kurang sempurna akan mengurangi kualitas kain microfiber.  Proses ini harus dilakukan secara sempurna, terlalu banyak "splitting" menyebabkan rusaknya benang terlalu sedikit menyebabkan kehilangan fungsinya dengan baik.
 FEATURES DAN BENEFITS

bullet Hypoallergenic, jadi tidak menciptakan masalah bagi penderita alergi atau astma.
bullet Daya serap air sangat tinggi yaitu 7 kali daripada berat kain itu sendiri..
bullet Kering lebih cepat, 1/3 daripada kain pembersih biasa.
bullet Mendukung gerakan "hijau"  karena terbukti ramah lingkungan, tidak memerlukan  sabun atau bahan kimia kainnya. 
bullet Dapat bertahan lama, sehingga dapat digunakan beratus kali ( lebih dari 200 kali ).
bullet Lingkungan menjadi bersih karena bebas dari bulu ( lint).
bullet Gunakan hanya dengan air normal, 99.94% effective untuk menghindarkan bakteri dan permukaan. Dibandingkan dengan kain pembersih dan mop konvensional yang menggunakan disinfectant cleaner atau bleaching, hanya 91.89% effective.
bullet Lebih dari 4 kali lebih effektive dari kain pembersih biasa. Kelihatan lebih mewah, dan dapat bertahan lebih lama karena produknya mengandung lebih dari 200,000 fiber per square inch.
bullet Tidak berpengaruh negatif terhadap nilai kilapan permukaan yang di bersihkan. 
bullet Microfiber mops memperbesar area yang dapat dibersihkan daripada konvensional mop, sehingga 5 kali lebih murah untuk membersihkan. 
bullet Mengurangi kemungkinan tumpahan bahan kimia ketika menggunakan kain microfiber dan mop karena bahan kimia tidak diperlukan.
bullet Mengurangi kecelakaan tergelincir dan jatuh karena permukaan yang dibersihkan dengan microfiber mop akan kering lebih cepat daripada mop konvensional.
Mengapa Microfiber cloth begitu effective untuk cleaning  toweling.
Serat halus 
Microfiber menembus permukaan lebih dalam sehingga dapat membersihkan lebih banyak kotoran dan lemak dan dapat menyapu area 40 kali lebih besar daripada kain biasa. Gesekan serat dengan kotoran menciptakan elektrik statis, seperti magnet , polyester dan nylon yang mempunyai daya positif menarik debu, kotoran, pungi bahkan ke tingkat yang lebih kecil seperti bakteri di sisi negatif sehingga sedikit atau tidak usah menggunakan bahan kimia dan ini membuat lingkungan aman.
Daya Kapiler
Hal ini tercipta dari jutaan serat yang tidak rata yang tercipta selama proses "splitting" sehingga membuat produk dapat menyerap cairan sangat baik ( tujuh kali lipat dari berat kainnya sendiri ). Ketika digunakan dalam keadaan basah , serat yang sangat halus tersebut menciptakan daya kapiler, membuat daya serap dan menahan cairan atau butiran debu kotor dari permukaan masuk ke dalam serat  pada kain. Walaupun mungkin ukuran produk ukurannya sama namun area permukaan aktual microfiber lebih besar.  
Oleh karena microfiber begitu lembut, permukaan daripada produk meningkat dan area untuk menyimpan kotoran dan lemak melalui daya kapiler melebih daripada produk tradisional. Dengan efek kapiler, penyedotan kotoran / cairan dari permukaan akan ditahan di dalam serat dan hanya beberapa waktu partikel tersebut di keluarkan lagi ke permukaan kain, hanya memerlukan beberapa detik untuk melakukan evavorasi.
Bentuk dari celah microfiber ini memungkinkan untuk menarik dan menyerap kotoran dan mikro partikel, membuat kain bisa membersihkan dan mengkilapkan dalam waktu bersamaan , mengurangi kebutuhan akan bahan pembersih kimia. Oleh karena itu, hanya dibutuhkan air sebagai deterjen untuk membersihkan berbagai permukaan. Semua keuntungan ini membuat produk microfiber bertahan lama, melebihi perbedaaan biaya dengan kain katun dan katun mop.

INSTRUKSI


Bagaimana cara menggunakan kain pembersih microfiber secara efektive ;

*) Untuk warna yang dalam dan gelap, sebaiknya di rendam dulu dengan air panas ( maksimal 90 derajat ) sebelum pertama kali di gunakan. Dan jangan diikat ketika di cuci.

*) Gunakan kain selalu dalam bentuk lipatan ( 1/2,1/4,1/8 tergantung ukuran kain ) dan mendatar untuk membersihkan permukaan. Dengan cara ini, maka lebih banyak permukaan dan hemat pekerjaan.
*) Gunakan dalam keadaan kering untuk membersihkan debu dan polishing, dan basahi untuk membersihkan berbagai permukaan, tapi jangan terlalu basah, jika terlalu banyak air atau larutan kimia, maka celah untuk menarik butiran kotoran akan terpenuhi cairan. Pada dasarnya microfiber hanya memerlukan air sebagai deterjen untuk membersihkan berbagai permukaan, bahan kimia hanya digunakan untuk tujuan disinfectant.
*) Untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa membuat bekas, bilas sesering mungkin dengan air hangat selama proses pembersihan kemudian cuci bersih setelah selesai di gunakan.
*) Hati-hati atas sisa cairan yang tertinggal dari cairan pembersih atau spray proses pembersihan sebelumnya. Jika terdapat residue tersebut, cucilah 2 sampai 3 kali . Kemudian, permukaan tersebut akan tetap bersih lebih lama.
*) Untuk alasan higeinis dan praktis ( menghindari kontaminasi silang ) , sebaiknya gunakan satu kain microfiber untuk satu tujuan atau satu area kebersihan ( misalnya satu untuk dapur, satu untuk kendaraan anda )  

*) Hindari permukaan cat yang berbasis latex ( getah ), karena zat perekatnya ( lem ) akan menutupi celah microfiber. Jika hal ini terjadi, cuci kain dengan air panas sebanyak minimal 15 kali.

*) Oleh karena microfiber akan menarik apapun di area yang di bersihkan, hindari dempul jendela ( terutama jendela tua ) dan hati-hati pada permukaan yang dicat berbasis air.

*) Dalam hal membersihkan permukaan yang kotor dan basah, gunakan string mop dari pada flat mop sehingga dapat menyerap banyak cairan dan kotoran dengan skala lebih banyak.



Petunjuk perawatan

Kain microfiber dan mop Mipacko tidak perlu dicuci setelah setiap kali penggunaan hanya untuk membersihkan debu dan menyapu. Hanya goyangkan kain atau mop atau bilas dengan air hangat. Jika kain atau mop telah sangat kotor, cuci sebagai berikut ;

*) Cuci dengan tangan atau mesin dalam air biasa atau hangat dengan larutan deterjen ( sabun cair ). Untuk kain / mop yang sangat kotor, cuci dengan air panas ( maksimum 900 C) dengan agitasi normal, putar dan bilas. Hal ini membuat serat berkembang, membuka pori-pori daripada serat dan melepaskan butiran kotoran dan mikro partikel yang terperangkap.  Sabun cuci powder, sering kali meninggalkan sisa butiran sabun di dalam kain dan banyak sabun cair mengandung parfum yang sangat kuat dan softener. Hal ini bagus buat  baju tetapi jelek buat microfiber. Gunakan sabun alkalin ( yang mengandung surfactant dan tidak mengandung softener, chlorin bleach dan phospate ) dengan PH dibawah 11 yang biasanya standar untuk deterjen. Jika di perlukan, pisahkan microfiber berwarna sebelum pertama kali di cuci. Dalam kasus khusus, di perlukan juga deterjen yang mengandung chelating agent dan water softener untuk menetralkan kalsium dan magnesium dalam hard water yang menyebakan kain menjadi keras.

*) Keringkan alami untuk hasil terbaik atau gunakan mesin pengering ( maksimum 900 C trumble dry lalu keluarkan dari mesin setelah kering betul ). Catatan : Menghindari commercial dryer berarti menghemat biaya energi.

*) Kain dan mop harus di cuci dengan material yang sejenis. Jangan cuci dengan handuk katun atau yang melepaskan banyak "lint". Cucilah secara terpisah. Sifat alami statis akan menarik setiap "lint" / bulu dari bahan garment yang lain. Bulu-bulu akan menutupi celah ( celah antara nylon polyester ) sehingga mengurangi efektivitas microfiber.

*) Jangan gunakan pelambut kain ( softener ), hal ini akan mengakibatkan efek seperti diatas, microfiber mungkin akan menarik mikro partikel dari lapisan softener, menyebabkan lapisan pada kain, ini bagus buat pakaian tetapi ini akan menutupi celah microfiber tadi, dan akan mengurangi daya tarik statis dan mengurangi daya bersih microfiber. Efek jelek ini dapat di kembalikan dengan cara mencuci ulang sesuai instruksi yang betul.

*)  Jangan gunakan chlorine bleaching ( pemutih ), hal ini akan merusak serat nylon dan mengurangi daya statis ( efek magnetik ) yang membuat microfiber effective. Menggunakan pemutih akan secara aggresive menurunkan kualitas microfiber. Tidak ada cara untuk menghilangkan efek ini.  Solusi lain yang baik adalah gunakan oxygen bleach yang aman untuk lingkungan untuk menggantikan pemutih yang lain.

*) Sangat jarang bahan kimia dapat merusak microfiber, tetapi penting untuk menjauhkan zat asam. Perhatikan peringatan label. Jika kimia mengindikasikan bahwa hal ini akan merusak plastik, maka akan merusak microfiber.

PERINGATAN : Kimia berbahaya yang mengandung seperti zat pemutih ( bleach ) dan pelembut kain ( softener ) akan mengurangi efektivitas dan daya tahan microfiber. Walaupun produk kami hanya memerlukan air untuk membersihkan dan bahkan membunuh kuman, namun pembersih kimia dapat juga digunakan tanpa merusak microfiber.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage