Skip to main content

Google PageRank

Di dunia blogging, salah satu ukuran paling diburu para blogger adalah pagerank. Bila blognya memiliki pagerank tinggi mereka akan berbangga diri. Karena di mata Google, blog mereka dianggap lebih ‘penting’. Pagerank menjadi salah satu ukuran paling diinginkan karena dikeluarkan Google yang notabene search engine paling banyak dipakai pengguna internet.

Kebetulan, beberapa waktu lalu Blog Bisnis Internet dan Motivasi Sukses milik Mas Ali Yusrie, mengucapkan selamat kepada The Next Success Blogger Mas Dafid yang sekalipun blognya baru dalam tahap pre-launch, namun telah mendapat pagerank 2. Untuk itu, secara khusus, artikel yang membahas tentang pagerank ini dipersembahkan kepada prestasi Mas Dafid tersebut.

Baiklah mari kita kuak segala hal seputar Google PageRank.

Apa itu pagerank?
Mungkin sebagian rekan-rekan sudah tahu itu pagerank. Namun tak ada salahnya bila saya ulas sedikit arti pagerank agar rekan-rekan yang lain lebih bisa memahaminya.

PageRank merupakan algoritma penganalisis link untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah blog/situs web di mata Google. Kata “page” sendiri berasal dari nama salah satu pendiri Google, Larry Page. Skala angka yang digunakan dari 1 sampai 10. Semakin besar angkanya, maka dianggap makin penting menurut Google.

Salah satu cara Google menentukan pagerank adalah dengan mempertimbangkan link masuk (incoming link). Contohnya seperti yang saya lakukan di atas dengan meletakkan link ke blog Mas Ali dan Mas Dafid. Bagi keduanya, link tersebut merupakan link masuk. Sedang bagi JokoSusilo.com merupakan link keluar. Sederhananya bisa diartikan, Google menilai kalau JokoSusilo.com memberi “suara” kepada blog DafidRiau.com dan AliYusrie.com. Makin banyak link masuk yang diterima, Google akan makin memperhitungkan pagerank blog tersebut.

Dan selain kuantitas link, Google juga menilai kualitas pemberi “suara”. Bagi yang keranjingan PageRank, hal di atas biasanya dihindari. Mengapa? Karena blog yang pagerank-nya lebih tinggi memberikan link ke yang pagerank-nya lebih rendah. Atau dengan kata lain, blog yang pagerank-nya lebih rendah terangkat reputasinya di mata Google, namun yang pagerank-nya lebih tinggi akan tertahan.

Namun selama ini saya tak terlalu mempedulikan hal tersebut. Yang terpenting bagi saya, selama link yang ditautkan bisa memberikan tambahan informasi atau memperlengkap informasi bagi pengunjung, itu jauh lebih utama.

Apa kegunaan PageRank?
Menurut beberapa sumber, makin tinggi pagerank blog anda, robot search engine akan lebih cepat mendatangi blog anda. Artinya, posting-posting terbaru anda akan tampil lebih cepat di search engine. Pagerank juga penting bagi blog yang bersaing di keyword yang tingkat persaingannya tinggi.

Selain itu, pagerank tinggi diburu oleh mereka yang mencari penghasilan dari blog lewat menjual link atau mengikuti program paid review. Blog ber-pagerank tinggi biasanya akan lebih mudah mengikuti program-program tersebut dan mendapatkan tarif yang lebih tinggi. Masih kaitannya dengan meraih penghasilan dari blog, blog ber-pagerank bisa dijadikan komoditas untuk diperjualbelikan.

Bagaimana cara meningatkan PageRank?
Beberapa tips dan trik meningkatkan pagerank sudah pernah dibahas di Blog Bisnis Online Mas Zamahsari, Blog Mr Mung, dan Blog JokoSusilo.com. Silakan disimak.

Terakhir, pesan saya, tak perlu terlalu merisaukan pagerank. Karena cepat atau lambat, asal ACTION anda benar, pasti pagerank blog anda meningkat. Sebab, Google pun tak mengupdate pagerank setiap hari, namun rata-rata dalam jangka 3-4 bulan sekali. Lebih dari itu, selain tak semua indikator pengukuran pagerank diketahui, saya yakin algoritma pengukuran pagerank juga akan terus berkembang dan berubah.

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Pijat Suami -Istri ,Sensasi Luar Biasa

Setelah bertahun-tahun membina rumah tangga, kadang sepasang suami-istri baru menyadari, ternyata ada kejenuhan dalam hubungan  intim mereka. Pasutri yang beberapa tahun lalu berjanji hidup bersama sampai mati itu tak lagi bergairah dalam percintaan. Padahal, dengan sedikit sentuhan sensual, api gairah bisa kembali berkobar. Pijat sensual tak hanya berguna untuk menaikkan gairah seksual pasangan suami-istri, tapi juga menghilangkan ketegangan otot dan mencapai kualitas orgasme yang maksimal. Namun, sebelum melakukan pijat nan aduhai ini, sebaiknya pasutri memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Tetapkan waktu pemijatan yang panjang. Jangan lakukan pada waktu yang terbatas, karena sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru, hasilnya pasti tidak akan memuaskan. Lakukan dalam kondisi badan enak. Juga dengan perlahan, lembut, dan sabar. Terutama pada bagian-bagian yang dianggap sensitif untuk membangkitkan gairah. Tentukan tempat untuk melakukannya. Masalah tempat ini sangat